Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Jenjang SD/MI Kelas IV Tema 3 Subtema 1

Delfyning Tyas, 160209040 (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Jenjang SD/MI Kelas IV Tema 3 Subtema 1. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Jenjang SD/MI Kelas IV Tema 3 Subtema 1)
Delfyning Tyas, 160209040, FTK, PGMI, 085338039524.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan kualitas dari instrumen penilaian autentik pada pembelajaran tematik jenjang SD/MI kelas IV sebagai implementasi Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode Research and development (R&D). Penelitian utama dilakukan di kelas IV MIN 5 Banda Aceh pada awal tahun 2020. Data yang diperoleh berupa : (1) data kualitatif, yaitu hasil wawancara untuk analisiS kebutuhan dan saran serta komentar terhadap kualitas produk dan terdapat berbagai perangkat didalamnya. (2) data kuantitatif, berupa hasil validasi tentang kualitas produk dan respon produk dilihat dari nilai kelayakan produk. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini, disimpulkan bahwa : (1) desain produk (buku) yang berjudul Instrumen Penilaian Autentik Tema : 3 “Peduli Terhadap Makhluk Hidup”, Subtema 1 : Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku dan Pembelajaran Ke : 1 (pertama) dan Ke : 2 (kedua), mengacu pada desain pengembangan model ADDIE dengan menggunakan 3 dari 5 tahapan pengembangan saja, yaitu : tahap perencanaan (planning), tahap perancangan (desain) dan tahap pengembangan (development). (2) uji kelayakan produk (buku) yang berjudul Instrumen Penilaian Autentik Tema : 3 “Peduli Terhadap Makhluk Hidup”, Subtema 1 : Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku dan Pembelajaran Ke : 1 (pertama) dan Ke : 2 (kedua) ini dilakukan dengan menggunakan uji validasi dengan menggunakan lembar validasi oleh ahli media dan ahli materi. Dari uji validasi didapatkan hasil poin 4 (sangat layak digunakan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Delfyning Tyas Delfy
Date Deposited: 04 Sep 2020 02:36
Last Modified: 04 Sep 2020 02:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13600

Actions (login required)

View Item View Item
TOP