Bahan Ajar Berbasis Saintifik dan Nilai Islami Jenjang SD/MI Kelas IV Tema 1 Subtema 1

Durratul Husna, 160209028 (2020) Bahan Ajar Berbasis Saintifik dan Nilai Islami Jenjang SD/MI Kelas IV Tema 1 Subtema 1. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Bahan Ajar Berbasis Saintifik dan Nilai Islami Jenjang SD/MI Kelas IV Tema 1 Subtema 1)
Durratul Husna, 160209028, FTK, PGMI, 082365257630.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di MIN 5 Banda Aceh menunjukkan bahwa guru ketika mengajar masih membawa buku ajar lain selain buku tema. Tujuan guru membawa buku ajar lainnya untuk menambah materi yang ingin dijelaskan pada peserta didik, dikarekan pada buku tema materi yang terdapat di dalam buku terlalu singkat. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk melakukan pengembangan bahan ajar. Penelitian ini berjudul “ Bahan Ajar Berbasis Saintifik dan Nilai Islami Jenjang SD/MI Kelas IV Tema 1 Subtema 1. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain bahan ajar dengan menarik dan melakukan pengembangan terhadap indikator serta menghadirkan nilai-nilai islami di dalamnya dan juga mengikuti kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan saintifik. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan atau Resech and Development (R & D). peneliti menggunakan pengembangan model ADDIE untuk mengembangkan bahan ajarnya. Model ADDIE ini memiliki lima tahap yaitu: analysis, design, development, implementation dan evaluation. Pada penelitian ini peneliti hanya sampai pada tahap ketiga saja dikarenakan wabah virus corona yang menyebar diseluruh dunia yang membuat peserta didik sekolah di rumah melalui via online, sehingga peneliti tidap bisa mengimplementasikan bahan ini serta tidak bisa melakukan evaluasi terhadap bahan ajar yang telah di desain. Berdasarkan hasil validitas dari para ahli bahan ajar ini didapatkan poin 4 yaitu layak digunakan untuk pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Durratul Husna
Date Deposited: 04 Sep 2020 02:36
Last Modified: 04 Sep 2020 02:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13605

Actions (login required)

View Item View Item
TOP