Analisis Tingkat Penggunaan Daya Listrik Dan LamaWaktu Pemakaian Terhadap Total Energi Listrik Di Aceh Besar

Hanif Muhsin, 160211059 (2020) Analisis Tingkat Penggunaan Daya Listrik Dan LamaWaktu Pemakaian Terhadap Total Energi Listrik Di Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Analisis Tingkat Penggunaan Daya Listrik Dan LamaWaktu Pemakaian Terhadap Total Energi Listrik Di Aceh Besar)
Hanif Muhsin, 160211059, FTK, PTE, 081375404330.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara yang mempunyai kekayaan alam dan keanekaragaman sumber energi yang melimpah, diantaranya yaitu energi air, angin, matahari, minyak bumi, gas, batubara, dan energi terbarukan . Mengingat besarnya manfaat energi listrik mengakibatkan ketersediaan sumber energi listrik menjadi terbatas. Saat ini, ketersediaan sumber energi listrik tidak mampu memenuhi peningkatan kebutuhan listrik di Indonesia salah satunya penggunaan listrik rumah tangga. Dengan demikian peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui jumlah total energi listrik yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method yang dilaksanakan di kabupaten Aceh Besar di kecamatan Darul imarah pada komplek Villa Buana Gardenia. Objek yang diteliti sebanyak 50 rumah dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel acak. Instrument yang dipakai adalah kuesioner dan wawancara. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah jumlah daya listrik yang paling tinggi adalah AC dengan total daya yang dikeluarkan sebesar 22050 watt dan lama pemakaian peralatan elektronik yang paling lama adalah kulkas dengan total jam dalam sehari selama 1200 jam atau 4320000 detik dalam sehari. Dari total daya dan lama waktu pemakaian peralatan elektronik jumlah total energi yang paling banyan menyedot energi listrik adalah rice cooker dengan daya sebesar 17500 watt dan lama waktu pemakaian selama 2332800 detik atau 648 jam dalam sehari dan total energi listrik yang dihasilkan sebesar 40.824 MJ. Dapat disimpulkan bahwa jumlah daya dan lama waktu pemakaian sangat berpengaruh terhadap energy listrik yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Hari Anna Lastya, M.T 2. Ghufran Ibnu Yasa, M.T
Uncontrolled Keywords: Daya Listrik, Lama Waktu, Energi Listrik
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Depositing User: Hanif Muhsin
Date Deposited: 04 Sep 2020 02:09
Last Modified: 04 Sep 2020 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13608

Actions (login required)

View Item View Item
TOP