Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Saintifik Jenjang SD/MI Kelas III Tema 8 “Praja Muda Karana” Subtema 2 “Aku Anak Mandiri”

Yulia Khairuna, 160209099 (2020) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Saintifik Jenjang SD/MI Kelas III Tema 8 “Praja Muda Karana” Subtema 2 “Aku Anak Mandiri”. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Saintifik Jenjang SD/MI Kelas III Tema 8 "Praja Muda Karana" Subtema 2 "Aku Anak Mandiri"]
Preview
Text (Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Saintifik Jenjang SD/MI Kelas III Tema 8 "Praja Muda Karana" Subtema 2 "Aku Anak Mandiri")
Yulia Khairuna, 160209099, FTK, PGMI, 082213850131.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Bahan ajar merupakan bahan atau materi pembelajaran yang disusun secara sistematis yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran yaitu buku teks pegangan guru dan siswa. Bahan ajar berbasis saintifik merupakan bahan ajar yang di dalamnya mengandung tahapan saintifik yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa bahan ajar cetak (buku) yang mempunyai karakteristik pendekatan saintifik kurikulum 2013 kelas III tema 8 “Praja Muda Karana” subtema 2 “Aku Anak Mandiri”. Pada kurikulum 2013 menuntut adanya pemerataan sistem khususnya dalam meningkatkan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran seperti perangkat pembelajaran. Pengadaan perangkat pembelajaran yang berkarakteristik 2013 merupakan suatu tuntutan kurikulum yang harus segera dipenuhi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pengembangan (Research and Development/ R&D) dengan model ADDIE. Penelitian ini menghasilkan produk perangkat pembelajaran berupa bahan ajar cetak yang termasuk dalam kategori baik yang sesuai dengan karakteristik kurikulum 2013. Kesimpulan dari hasil penelitian yang didapat bahwa bahan ajar cetak kurikulum 2013 yang telah dikembangkan layak dikembangkan untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Nida Jarmita, S.Pd.I., M.Pd 2. Salfayana Putri Arita, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Saintifik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yulia Khairuna Yulia
Date Deposited: 04 Sep 2020 04:50
Last Modified: 04 Sep 2020 04:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13610

Actions (login required)

View Item
View Item