Preferensi Pakan Gajah Sumatera (Elephas Maximus Sumatranus) Di Conservation Response Unit (Cru) Trumon Kabupaten Aceh Selatan Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Hewan

Syahrul Rahmanda, 160207155 (2020) Preferensi Pakan Gajah Sumatera (Elephas Maximus Sumatranus) Di Conservation Response Unit (Cru) Trumon Kabupaten Aceh Selatan Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Hewan. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Preferensi Pakan Gajah Sumatera (Elephas Maximus Sumatranus) Di Conservation Response Unit (Cru)  Trumon Kabupaten Aceh Selatan Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Hewan]
Preview
Text (Preferensi Pakan Gajah Sumatera (Elephas Maximus Sumatranus) Di Conservation Response Unit (Cru) Trumon Kabupaten Aceh Selatan Sebagai Referensi Mata Kuliah Ekologi Hewan)
Syahrul Rahmanda, 160207155, FTK, PBL, 082274712523.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) merupakan salah satu jenis satwa liar yang populasinya semakain menurun dan harus dikonservasi. Kelestarian Gajah Sumatera tetap akan lestari jika habitat dan pakan tercukupi. Salah satu tempat konservasi Gajah Sumatera yaitu Conservation Response Unit (CRU) Trumon Aceh Selatan. Pembukaan unit konservasi ini menimbulkan masalah baru terkait ketersedian pakan yang tersedia. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui keanekaragaman jenis tumbuhan dan preferensi pakan Gajah Sumatera di CRU Trumon sehingga dapat menjadi alternatif atau informasi terkait masalah pakan. Rancangan penelitian dan teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh 46 jenis tumbuhan dar 24 familia dengan jumlah total individu 4045. Jumlah indeks total nilai penting yaitu 300% pada tumbuhan berhabitus pohon, dan 200% pada tumbuhan berhabitus semak dan herba. Terdapat lima ekor Gajah Sumatera di CRU Trumon yang terdiri dari dua ekor jantan dewasa, dua ekor betina dewasa san satu ekor anakan berjenis kelamin betina. Preferensi pakan paling disukai oleh Gajah Sumatera adalah jenis Imperata cylindrica dari familia poaceae. Pemanfaatan hasil penelitian disajikan dalam bentuk modul dan buku saku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Samsul Kamal, M.Pd 2. Nurdin Amin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranusi), Pakan, CRU Trumon
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 577 Ekologi
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 590 Animals (Ilmu Hewan, Ilmu Binatang)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Syahrul Rahmanda
Date Deposited: 04 Sep 2020 02:10
Last Modified: 04 Sep 2020 02:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13616

Actions (login required)

View Item
View Item