Review Artikel Mengenai Model Pembelajaran Learning Cycle dan Model Pembelajaran Discovery Learning

Munadhian Alhaj, 160204002 (2020) Review Artikel Mengenai Model Pembelajaran Learning Cycle dan Model Pembelajaran Discovery Learning. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Review Artikel Mengenai Model Pembelajaran Learning Cycle dan Model Pembelajaran Discovery Learning]
Preview
Text (Review Artikel Mengenai Model Pembelajaran Learning Cycle dan Model Pembelajaran Discovery Learning)
Munadhian Alhaj, 160204002, FTK, PFS, 082276740126.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang baik merupakan pembelajaran yang mencapai hasil
belajar yang diharapkan. Hasil belajar dipengaruhi oleh model pembelajaran yang
digunakan, model pembelajaran yang tidak sesuai akan menurunkan hasil belajar
peserta didik. Diantara banyak nya model pembelajaran, learning cycle dan
discovery learning merupakan model pembelajaran yang banyak digunakan pada
sebuah pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran learning cycle dan discovery learning terhadap hasil belajar peserta
didik pada materi IPA Terpadu pada jenjang SMP, serta perbandingan pengaruh
kedua model pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan adalah Meta￾analisis, dimulai dengan memformulasikan pertanyaan penelitian, melakukan
perncarian literatur, melakukan pengkodean data, menyeleksi artikel yang sesuai
dengan kriteria, menghitung besarnya effect size, melakukan analisis dan
melaporkan hasil penelitian. Temuan penelitian menggungkapkan model
pembelajaran learning cycle dan discovery learning, berpengaruh terhadap hasil
belajar peserta didik, dengan rata-rata pengaruh sebesar 1,2016 dan 1,266 dalam
kategori tinggi. Model pembelajaran learning cycle dan discovery learning juga
memberikan pengaruh dan efektif ditinjau dari segi sub materi, bentuk penelitian
dan pemngambilan sampel yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
model pembelajara discovery learning lebih efektif dibandingkan dengan model
pembelajaran learning cycle.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Rusydi, S.T., M.Pd. 2. Nurhayati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Learning Cycle, Discovery Learning dan Meta-analisis
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Depositing User: 160204002 Munadhian Alhaj
Date Deposited: 04 Sep 2020 04:52
Last Modified: 04 Sep 2020 04:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13622

Actions (login required)

View Item
View Item