Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) Materi Usaha dan Energi.

Haddin Sah Putra Harahap, 160204005 (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) Materi Usaha dan Energi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) Materi Usaha dan Energi]
Preview
Text (Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) Materi Usaha dan Energi)
Haddin Sah Putra Harahap, 160204005, FTK, PFS, 081262233245 .pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
Official URL: https://library.ac.id/

Abstract

Penelitian pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis relating, experiencing, applying, cooperating, transfering (REACT) materi usaha dan energi ini dilatar belakangi oleh LKPD yang digunakan di SMAN 2 Takengon hanya sebagai pemandu praktikum dan belum dapat memaksimalkan pembelajaran baik dalam menarik minat peserta didik juga pemahaman konsep. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendesain LKPD berbasis relating, experiencing, applying, cooperating, transfering REACT materi usaha dan energi, (2) Menguji kualitas produk LKPD berbasis relating, experiencing, applying, cooperating, transfering (REACT) materi usaha dan energi. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE. Pengembangan ADDIE terdiri atas lima tahap (1) tahap analisis, (2) tahap perancangan, (3) tahap pengembangan, (4) tahap implementasi, (5) tahap evaluasi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar validasi berupa angket, meliputi lembar validasi materi dan juga lembar validasi media dengan menggunakan skala 1 sampai 4. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) telah dikembangkan LKPD berbasis relating, experiencing, applying, coopeating, transfering (REACT) materi usaha dan energi dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dan tidak menggunakan tahap implementasi, (2) hasil validasi materi pada aspek kelayakan isi mendapat persentase 87,5%dengan kriteria sangat layak, pada aspek kelayakan penyajian mendapat persentase 90,6% dengan kriteria sangat layak, pada aspek kebahasaan mendapat persentase 96,4% dengan kriteria sangat layak, sedangkan hasil validasi media mendapat persentase 82,5% dengan kriteria sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis relating, experiencing, applying, cooperating, transfering (REACT) materi usaha dan energi sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Yusran, M.Pd Pembimbing II: Arusman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, REACT, usaha dan energi
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Haddin Sah Putra Harahap Haddin
Date Deposited: 04 Sep 2020 08:51
Last Modified: 04 Sep 2020 08:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13630

Actions (login required)

View Item
View Item