Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik di SMP Negeri 1 Delima

Riza Amalia, 150201082 (2020) Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik di SMP Negeri 1 Delima. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik di SMP Negeri 1 Delima)
Riza Amalia, 150201082, FTK, PAI, 085326605807.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Rasa percaya diri (self confident) adalah percaya pada kemampuan, kekuatan dan penilaian terhadap diri sendiri yang positif. Rasa percaya diri yang positif diharapkan supaya peserta didik dapat menemukan potensi yang ada dalam dirinya, di dalam penelitian ini penulis akan meneliti bagaimana rasa percaya diri peserta didik yang ada di SMP Negeri 1 Delima. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini, bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik di SMP Negeri 1 Delima dan apa kendala yang dihadapi guru PAI dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik di SMP Negeri 1 Delima. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik di SMP Negeri 1 Delima, dan untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi guru PAI dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik di SMP Negeri 1 Delima. Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan cara mengumpulkan data-data yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian itu diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan kepala sekolah dan tiga guru PAI. Hasil penelitian: 1) Upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan rasa percaya peserta didik di SMP Negeri 1 Delima adalah dengan cara memberikan bimbingan dan motivasi kepada peserta didik, tidak pernah membandingkan peserta didik dengan peserta didik lain, memuji dan mengapresiasi peserta didik, serta selalu mempraktekkannya. 2) Kendala yang dihadapi oleh guru PAI dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik di SMP Negeri 1 Delima adalah kurangnya ruang kelas, keterbatasan waktu dalam mengajar, kondisi psikis peserta didik, dan lingkungan yang tidak wajar dalam mendukung perkembangan peserta didik jasmani maupun rohani peserta didik. Jika upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik di SMP Negeri 1 Delima baik, maka rasa percaya diri peserta didik di SMP Negeri 1 Delima akan lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Jailani, S.Ag., M.Ag Pembimbing II : Mashuri, S.Ag., M.A
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Riza Amalia
Date Deposited: 04 Sep 2020 08:10
Last Modified: 04 Sep 2020 08:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13634

Actions (login required)

View Item View Item
TOP