Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pembinaan Kompetensi Kepribadian Guru Di MAN 1 Langkat Sumatera Utara

Siti Nurkhaliza, 160206031 (2020) Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pembinaan Kompetensi Kepribadian Guru Di MAN 1 Langkat Sumatera Utara. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pembinaan Kompetensi Kepribadian Guru Di MAN 1  Langkat Sumatera Utara]
Preview
Text (Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pembinaan Kompetensi Kepribadian Guru Di MAN 1 Langkat Sumatera Utara)
Siti Nurkhaliza, 160206031,FTK,MPI,0822728111652.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
Official URL: https://library.ac.id/

Abstract

Kepemimpinan di dalam pendidikan memerlukan perhatian yang utama, karena melalui kepemimpinan yang baik, berharap mampu dalam membina kompetensi kepribadian kepada guru-guru agar mendapatkan perubahan yang lebih baik lagi kedepannya. Adapun latar belakang penelitian ini adalah melihat pembinaan yang dilakukan kepala madrasah dalam pembinaan kompetensi kepribadian guru di MAN 1 Langkat. Program dalam pembinaan pengembangan kompetensi kepribadian guru sudah sangat bagus dapat terlihat dari sikap kepribadian, sikap social dan sikap keagamaan seperti bersalaman, memberi salam kepada guru, dan mengaji 15 menit sebelum pembelajaran dimulai yang dipimpin oleh guru jam pertama. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya kepala madrasah dalam pembinaan kompetensi kepribadian guru, untuk mengetahui program kepala madrasah dalam pembinaan kompetensi kepribadian guru dan tantangan dalam pembinaan kompetensi kepribadian guru.Jenispenelitian yang di lakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum dan dua orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepimpinan kepala madrasah menggunakan gaya demokrasi terlihat dengan cara kepala madrasah dalam mengambil suatu keputusan dengan bermusyawarah. Program yang digunakan kepala madrasah dalam membina kompetensi kepribadian guru dengan mengikutsertakan guru-guru dalam perlombaan, seminar, diklat, membuat kegiatan-kegiatan islami seperti perayaan hari besar islam, dan lainnya agar dapat meningkatkan kemampuan guru-guru dalam kompetensi kepribadian guru. Hambatan kepala madrasah dalam pembinaan kompetensi kepribadian guru yaitu ada sebagian guru yang kurang mengetahui ilmu teknologi, guru merasa lebih pintar dan tidak mau mengikuti diklat. Solusi yang dilakukan kepala madrasah yaitu berusaha berkomunikasi dengan baik, mengusahakan memberikan motivasi kerja yang baik, dan membuat workshop untuk membina guru-guru yang belum paham ilmu teknologi.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Sri Rahmi. M.A Pembimbing 2 : Ainul Mardhiah, MA.Pd
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kompetensi Kepribadian Guru
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 304 Faktor yang mempengaruhi tingkah laku sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Nurkhaliza
Date Deposited: 04 Sep 2020 03:56
Last Modified: 04 Sep 2020 03:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13636

Actions (login required)

View Item
View Item