Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Materi Asam dan Basa

Arika Chaniago, 140208142 (2019) Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Materi Asam dan Basa. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Materi Asam dan Basa)
Arika Caniago, 140208142, FTK, PKM, 082251882521.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang kesulitan yang dimaksud adalah sulit dalam memahami konsep tentang materi larutan asam dan basa di SMA Negeri 1 Pasie Raja. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kesulitan siswa pada materi asam dan basa di kelas XII IPA2 SMA Negeri 1 Pasie Raja. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian adalah studi kasus dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XII IPA2 SMA Negeri 1 Pasie Raja yang berjumlah 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi, wawancara untuk mengetahui penyebab terjadinya kesulitan pada siswa, dan observasi bertujuan untuk mengetahui masalah sarana dan prasarana sekolah. Pengolahan data menggunakan teknik perhitungan persentase. Hasil analisa menunjukkan bahwa rata-rata tingkat pemahaman siswa yaitu siswa yang mampu menjawab soal atau paham konsep memiliki persentase 40%, siswa yang salah menjawab soal memiliki persentase 17%, dan siswa yang artinya tidak bisa menjawab soal memiliki persentase 43%. Penyebab terjadinya kesulitan ini disebabkan karena tidak ada inovasi mengajar dari guru sehingga kurangnya minat siswa dalam belajar. Kesulitan dengan persentase sangat tinggi terdapat pada indikator soal menentukan pH asam dan basa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Mujakir, M. Pd. si Pembimbing II : M. Ridwan Harahap, M. Si
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Arika Caniago
Date Deposited: 07 Sep 2020 02:51
Last Modified: 07 Sep 2020 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13648

Actions (login required)

View Item View Item
TOP