Responsivitas Lembaga Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Aceh Dalam Menangani Laporan Maladministrasi

Dedi Arifka, 160802031 (2020) Responsivitas Lembaga Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Aceh Dalam Menangani Laporan Maladministrasi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Responsivitas Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Aceh]
Preview
Text (Membahas tentang Responsivitas Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Aceh)
Dedi Arifka, 160802031, FISIP, IAN, 085206149359.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Responsivitas merupakan inisiatif dan tanggung jawab dari penyelenggara pelayanan publik dalam memahami dan memenuhi kebutuhan dari penerima pelayanan publik. Guna meningkatkan kualitas pelayanan publik, dan menjadikannya dasar dalam program maupun kegiatan pelayanan publik, agar sesuai dengan apa yang menjadi harapan, keinginan, kebutuhan, dan tuntutan penerima layanan. Ombudsman menerima laporan maladministrasi yang masih tinggi pada tahun 2019 yang artinya pelayanan publik masih terdapat banyak masalah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana responsivitas Ombudsman RI Perwakilan Aceh dalam menangani laporan maladministrasi. Data penelitian yang digunakan adalah data kualitatif, dengan menghasilkan dan mengolah data yang sifatnya deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat responsivitas Ombudsman RI Perwakilan Aceh dalam menangani laporan maladministrasi terkait kemampuan merespon, ketepatan melayani, kecermatan melayani dan merespon keluhan, sudah responsif. Namun untuk kategori pelayanan dengan cepat dan pelayanan dengan tepat waktu masih belum responsif. Adapun Faktor penghambat bagi Ombudsman RI Perwakilan Aceh adalah masih minimnya anggaran untuk menunjang sarana dan prasarana, pegawai yang masih terbatas serta jangkauan yang luas menjangkau seluruh Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing. 1. Muhammad Thalal, Lc, M.Si., M.Ed 2.Cut Zamharira, S.IP., M.AP
Uncontrolled Keywords: Responsivitas, Ombudsman, Maladministrasi, Pelayanan Publik.
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik > 2X6.22 Sistem Pemerintahan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.3 Koordinasi dan pengawasan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Dedi Arifka
Date Deposited: 04 Sep 2020 08:20
Last Modified: 04 Sep 2020 08:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13649

Actions (login required)

View Item
View Item