Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen pada Pembelian Kosmetik Secara Online dalam Perspektif Mabi’ Dalam Aqad Bai’ Salam (Studi Kasus di BBPOM Banda Aceh)

Lisa Fazial, 160102134 (2020) Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen pada Pembelian Kosmetik Secara Online dalam Perspektif Mabi’ Dalam Aqad Bai’ Salam (Studi Kasus di BBPOM Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Pada Pembelian Kosmetik Secara Online Dalam Perspektif Mabi’ Dalam Aqad Bai’ Salam (Studi Kasus di BBPOM Banda Aceh)]
Preview
Text (Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Pada Pembelian Kosmetik Secara Online Dalam Perspektif Mabi’ Dalam Aqad Bai’ Salam (Studi Kasus di BBPOM Banda Aceh))
Lisa Fazial, 160102134, FSH, HES, 085359712212.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis perlindungan hukum terhadap konsumen yang dirugikan dalam transaksi jual beli produk kosmetik secara online, peninjauan dalam hukum islam (aqad bai’ salam ) dan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Rumusan masalah yang diajukan
yaitu: Bagaimana ketentuan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 terhadap konsumen yang dirugikan dalam tranksaksi jual beli produk kosmetik secara online? Bagaimana upaya perlindungan hukum yang dilakukan oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Banda Aceh terhadap konsumen pada transaksi pembelian kosmetik impor ilegal secara online? dan Bagaimana perspektif aqad bai’ salam terhadap pembelian kosmetik secara online? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh dengan cara interview konsumen pengguna kosmetik, pelaku usaha, dan staf BBPOM Banda Aceh. Hasil penelitian yang Penulis dapatkan bahwa ketentuan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 terhadap konsumen yang dirugikan dalam traksaksi jual beli produk kosmetik secara online dapat dilakukan dengan penerapan sanksi dan ganti rugi oleh pelaku usaha yang menjual produk kosmetik secara online, yaitu dengan penarikan produk kosmetik dari peredaran online serta memberikan perlindungan hukum terhadap konsumen, perlindungan tersebut adalah melindungi hak-hak konsumen. Upaya perlindungan hukum yang dilakukan oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Banda Aceh terhadap konsumen pada transaksi pembelian kosmetik impor ilegal secara online yaitu dengan melakukan strategi pencegahan (sosialisasi, edukasi), melakukan strategi pengawasan dan melakukan strategi penindakan. Tinjauan aqad bai’ salam terhadap pembelian kosmetik secara online dalam penelitian ini terdapat ketidaksesuaian dalam pandangan hukum islam, yakni tidak memenuhi syarat dari rukunnya yaitu barang, maka jual beli produk kosmetik secara online tersebut tidak sah atau batal demi hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Husni Mubarak Lc.,MA 2. Nahara Eriyanti, S.HI., MH
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Konsumen, Aqad Bai' Salam
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Lisa Fazial
Date Deposited: 08 Sep 2020 03:13
Last Modified: 08 Sep 2020 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13672

Actions (login required)

View Item
View Item