Implementasi Permendikbud No 44 Tahun 2019 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (Studi Komparatif di SMAN 1 Sigli dan SMKN 1 Sigli

Mukhlas Wilda Wardana, 160802027 (2020) Implementasi Permendikbud No 44 Tahun 2019 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (Studi Komparatif di SMAN 1 Sigli dan SMKN 1 Sigli. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penerimaan Peserta Didik Baru]
Preview
Text (Membahas tentang Penerimaan Peserta Didik Baru)
Mukhlas Wilda Wardana, 160802027, FISIP, IAN, 082362398194.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan di Indonesia diatur dalam pasal 5 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 yang menyatakan bahwa setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu dan warga negara di keberadaan terpencil berhak mendapatkan pendidikan khusus. Namun faktanya masih banyak anak yang belum bisa sekolah karena beberapa hal yang menyangkut dengan pemerataan pendidikan, hingga akhirnya pemerintah membuat suatu regulasi dengan tujuan sebagai pemerataan pendidikan agar semua anak bisa sekolah yaitu dalam Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru. Kabupaten Pidie merupakan salah satu wilayah yang menerapkan peraturan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan penerimaan peserta didi baru di dua sekolah yang berbeda serta kelemahan juga kekuatan yang dapat menyokong terwujudnya tujuan dari peraturan tersebut. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualiatif dengan model komparatif yaitu membandingkan dua sekolah yaitu SMAN 1 Sigli dan SMKN 1 Sigli tentang penerapan peraturan tersebut, adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 di SMAN 1 Sigli sudah cukup baik jika ditinjau dari berbagai indikator implementasi kebijakan, namun ada beberapa hal yang perlu ditinjau. Hal yang sama juga terdapat di SMKN 1 Sigli yang penerapan peraturan tersebut sudah cukup baik. Maka kesimpulannya adalah penerapan Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 sudah cukup baik namun ada beberapa hal yang masih perlu ditinjau untuk dilakukannya perbaikan agar pelaksanaan PPDB di Kabupaten Pidie akan semakin bagus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 Dr. Mahmuddin, S.Ag., M.Si 2 Muazzinah, B.Sc., MPA.
Uncontrolled Keywords: Penerimaan Peserta Didik Baru, Implementasi Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019, SMAN1 Sigli dan SMKN 1 Sigli.
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik > 2X6.22 Sistem Pemerintahan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.3 Koordinasi dan pengawasan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mukhlas Wilda Wardana Mukhlas
Date Deposited: 04 Sep 2020 08:21
Last Modified: 04 Sep 2020 08:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13674

Actions (login required)

View Item
View Item