Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Certainty Of Response Index (Cri) Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak Di SMA Negeri 1 Darul Imarah

Asra Nadila, 150204105 (2020) Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Certainty Of Response Index (Cri) Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak Di SMA Negeri 1 Darul Imarah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Certainty Of Response Index (Cri) Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak Di SMA Negeri 1 Darul Imarah)
Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Certainty Of Response Index (Cri) Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak Di SMA Negeri 1 Darul Imarah.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (34MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana miskonsepsi peserta didik menggunakan Certainty of Response Index (CRI) pada materi hukum Newton tentang gerak di SMA Negeri 1 Darul Imarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi peserta didik menggunakan Certainty of Response Index (CRI) pada materi hukum Newton tentang gerak di SMA Negeri 1 Darul Imarah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tahap observasi, persiapan, dan pelaksanaan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA-1 yang berjumlah 20 orang. Pengolahan data dilakukan dengan cara mengelompokkan peserta didik menjadi 4 kelompok dengan menggunakan tes diagnostik dilengkapi Certainty of Response Index (CRI) kemudian dipersentasikan dan dikategorikan tingkat miskonsepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase Miskonsepsi (M) sebesar 30%, Paham Konsep (PK) sebesar 26%, Paham Konsep tetapi Kurang Yakin (PKKY) sebesar 7% dan Tidak Paham Konsep (TTK) sebesar 37%. Berdasarkan hasil analisis, miskonsepsi tertinggi yang dialami peserta didik terdapat pada konsep hukum III Newton, yaitu sebesar 55%. Secara garis besar miskonsepsi peserta didik di SMA Negeri 1 Darul Imarah ini tergolong dalam tingkat rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Asra Nadila Asra
Date Deposited: 04 Sep 2020 08:38
Last Modified: 04 Sep 2020 08:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13683

Actions (login required)

View Item View Item
TOP