Pengaruh Pupuk Organik Cair Kulit Pisang (Musa Paradisiaca) Terhadap Pertumbuhan Bawang Merah (Allium Cepa) Sebagai Penunjang Praktikum Fisiologi Tumbuhan

Fitriani, 150207093 (2020) Pengaruh Pupuk Organik Cair Kulit Pisang (Musa Paradisiaca) Terhadap Pertumbuhan Bawang Merah (Allium Cepa) Sebagai Penunjang Praktikum Fisiologi Tumbuhan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Pupuk Organik Cair Kulit Pisang (Musa Paradisiaca) Terhadap Pertumbuhan Bawang Merah (Allium Cepa) Sebagai Penunjang Praktikum Fisiologi Tumbuhan)
Pengaruh Pupuk Organik Cair Kulit Pisang (Musa Paradisiaca) Terhadap Pertumbuhan Bawang Merah (Allium Cepa) Sebagai Penunjang Praktikum Fisiologi Tumbuhan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Limbah kulit pisang selama ini hanya digunakan untuk pakan ternak bahkan ada yang tidak memanfaatkannya sama sekali melainkan hanya dibuang di kotak sampah dan menyebabkan bau tidak sedap yang dapat merusak lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penggunaan pupuk organik cair kulit pisang ayam terhadap pertumbuhan bawang merah dan menjelaskan hasil uji kelayakan terhadap penunjang pratikum fisologi tumbuhan dari output yang dihasilkan. Pupuk cair kulit pisang diambil dari pedagang gorengan di kawasan Darussalam Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium FTK Biologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh, November – Desember 2019. Objek dalam penelitian ini adalah bawang merah (Allium cepa). Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri atas lima perlakuan dan lima ulangan, data dianalisis menggunakan ANAVA dan diuji Duncan pada taraf α 0,05%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk organik cair limbah kulit pisang berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan bawang merah yang meliputi tinggi tanaman, jumlah daun, dan jumlah umbi bawang merah. Kadar pupuk organik cair kulit pisang ayam yang memberikan hasil paling baik yaitu pada konsentrasi 25%. Pemberian pupuk organick cair kulit pisang ayam berpengaruh terhadap tinggi tanaman, jumlah daun dan jumlah umbi bawang merah, dan layak digunakan sebagai modul penunjang praktikum fisiologi tumbuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Fitriani Fitriani
Date Deposited: 15 Sep 2020 02:01
Last Modified: 15 Sep 2020 02:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13686

Actions (login required)

View Item View Item
TOP