Penerapan Model Quantum Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP

Mulia Lestari, 150205043 (2020) Penerapan Model Quantum Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Quantum Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP]
Preview
Text (Penerapan Model Quantum Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP)
Mulia Lestari, 150205043, FTK, PMA, 082368242046.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (34MB) | Preview

Abstract

Komunikasi matematis merupakan kekuatan sentral bagi peserta didik dalam merumuskan konsep dan strategi matematik, model keberhasilan bagi peserta didik terhadap pendekatan dan penyelesaian dalam eksplorasi dan investigasi matematik, serta wadah bagi peserta didik dalam berkomunikasi dengan temannya untuk memperoleh informasi. Oleh sebab itu, komunikasi matematis menjadi penting dalam pembelajan matematika dan perlu untuk dikembangkan. Namun nyatanya, kemampuan komunikasi matematis peserta didik masih tergolong rendah sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat membuat kemampuan komunikasi matematis peserta didik menjadi lebih baik. Model pembelajaran Quantum Learning merupakan suatu model yang dapat memunculkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbandingan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP yang diajarkan melalui model pembelajaran Quantum Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Langsa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pada penelitian ini sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen dan VIII-6 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan lembar tes kemampuan komunikasi matematis. Dari hasil penelitian diperoleh t_((hitung))=6.02 dan t_((tabel))=1.68, maka t_((hitung))>t_((tabel),) berarti dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Quantum Learning lebih baik daripada rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. H. M. Yacoeb, M.Pd. Pembimbing II : Darwani, M.Pd.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Muia Lestari Mulia
Date Deposited: 08 Sep 2020 03:56
Last Modified: 08 Sep 2020 03:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13689

Actions (login required)

View Item
View Item