Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada SMAN 1 Sakti Kabupaten Pidie

Nila Ratina, 150201105 (2020) Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada SMAN 1 Sakti Kabupaten Pidie. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada SMAN 1   Sakti Kabupaten Pidie]
Preview
Text (Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada SMAN 1 Sakti Kabupaten Pidie)
Nila Ratina, 150201105, FTK, PAI, 085256036039.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diangkat dari persoalan motivasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap siswa SMAN 1 Sakti dalam membangkitkan motivasi belajar yang perlu diperhatikan setiap masuk pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sekolah yang merupakan lembaga pendidikan formal diharapkan mampu membuat siswa SMAN 1 Sakti lebih tertarik lagi terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini bagaimana motivasi siswa dalam belajar PAI di SMAN 1 Sakti, apa saja usaha yang dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi belajar PAI pada siswa SMAN Sakti. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa SMAN 1 Sakti pada mata pelajaran PAI, dan untuk mengetahui bagaimana cara guru dalam meningkatkan motivasi belajar PAI pada siswa SMAN 1 Sakti. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan tentang bagaimana motivasi siswa dalam belajar PAI di SMAN 1 Sakti, menyatakan bahwa banyak dari mereka yang tidak termotivasi dalam belajar PAI, pada saaat guru menjelaskan pelajaran mereka tidak memperhatikannya, tidak mau bertanya apabila tidak mengerti, keluar masuk kelas saat guru ada di didalam, bahkan di antara mereka ada yang mengantuk ketika guru sedang menerangkan pelajaran,dan kebanyakan dari siswa mengatakan tidak suka dengan hafalan, walaupun ada sekali-kali guru membuat model pembelajaran yang menarik tetap saja bosan, mereka juga mengatakan letak kesulitan ketika mempelajari PAI adalah pada saat disuruh menghafal. kemudian tentang usaha guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada SMAN 1 Sakti, guru memberikan semangat kepada siswa seperti mengatakan hal-hal yang positif yang bisa membangkitkan motivasi siswa seperti nasehat dan pujian. Guru juga membuat model pembelajaran yang menarik, seperti membagikan kelompok, memberikan tema, lalu membuat dalam bentuk pidato dan maju ke depan, dan yang menilai siswa sendiri. Jadi dengan seperti itu siswa tidak lalai karena semua ikut berkerja. Tetapi guru tidak pernah menggunakan alat peraga ketika mengajar, hanya sesekali guru menggunakan metode seperti pidato, yang sering digunakan dalam belajar adalah metode ceramah dan menghafal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nila Ratina
Date Deposited: 07 Sep 2020 02:22
Last Modified: 07 Sep 2020 02:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13690

Actions (login required)

View Item
View Item