Manajemen Guru Kelas dalam Pembinaan Karakter Islami di Taman Kanak-kanak Swasta Islam Terpadu Cendekia Takengon

Zahra, 150206022 (2019) Manajemen Guru Kelas dalam Pembinaan Karakter Islami di Taman Kanak-kanak Swasta Islam Terpadu Cendekia Takengon. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Pembinaan Karakter Islami pada Anak TK)
Zahra, 150206022, FTK, MPI, 082364382203.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Manajemen adalah ilmu yang mengatur, mengendalikan, mengkomunikasikan dan memanfaatkan semua sumber daya yang ada. Sementara guru kelas adalah seorang pendidik yang memiliki kemampuan untuk membimbing seorang anak didik. Oleh karena itu diperlukan guru kelas dalam membina karakter Islami yang berlandaskan Al-Qur’an, di dalam pembinaan karakter Islami juga dibutuhkan manajemen guru kelas yang baik sehingga perencanaan dalam membina karakter Islami anak dapat terlaksana dengan baik pula. Karena karakter merupakan suatu modal utama yang dimiliki seseorang bagi kemajuan individual. Karakter adalah konsep dasar yang diterapkan di dalam pemikiran seseorang untuk menjadikan akhlaknya lebih baik atau buruk, tanpa ada karakter yang baik, ilmu yang dimilikinya tidak akan berarti. Adapun tujuan dari penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui perencanaan guru kelas dalam membina karakter Islami pada anak usia dini, pelaksanaan guru kelas dalam membina karakter Islam pada anak usia dini serta hambatan guru kelas dalam membina karakter Islami pada anak usia dini di TK Swasta IT Cendekia Takengon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk studi kasus, yang menjadi subjek penelitiannya adalah kepala TK, guru kelas dan guru pendamping, teknik pengumpulan data menggunakan data wawancara, observasi dan dokumentasi, analisis data dalam penelitian ini ada tiga hal yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan dari pembinaan karakter Islami yang dilakukan oleh guru kelas dilaksanakan berdasarkan visi, misi dan tujuan yang telah diterapkan oleh sekolah dengan konsep yang sudah lama dipikirkan sejak lama, terdapat model pembelajaran sentra dalam membina karakter Islami didalamnya. Adapun pelaksanaan pembinaan karakter Islami adalah dengan teladan atau contoh yang baik yang dilakukan oleh guru kelas pada saat berada di depan anak maupun tidak sehingga seorang dapat mengimplementasikan di kehidupannya kedepan serta kerjasama dari kepala TK, guru kelas dan guru pendamping sesuai didalam membina karakter dengan sop yang telah dibuat sehingga pembinaan karakter dapat terlaksana. Hambatan dalam pembinaan karakter Islami seperti kurangnya komunikasi interaktif guru kelas terhadap anak, kurangnya ketebukaan anak terhadap guru kelas serta memahami sikap anak yang berbeda-beda disebabkan karena faktor umur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Sri Rahmi M.A. 2. Tihalimah, S.Pd.I.,MA
Uncontrolled Keywords: Manajemen Guru Kelas, Karakter Islami
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zahra Zahra
Date Deposited: 07 Sep 2020 02:17
Last Modified: 07 Sep 2020 02:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13695

Actions (login required)

View Item View Item
TOP