Sistim Penggajian Guru Kontrak Daerah Terpencil Ditinjau Menurut Akad Ijarah Bi Al-‘Amal (Studi Relevansi Besaran Dan Wilayah Penempatan Guru Di Kabupaten Aceh Selatan)

Saki Mubarak, 140102138 (2020) Sistim Penggajian Guru Kontrak Daerah Terpencil Ditinjau Menurut Akad Ijarah Bi Al-‘Amal (Studi Relevansi Besaran Dan Wilayah Penempatan Guru Di Kabupaten Aceh Selatan). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Sistim Penggajian Guru Kontrak Daerah Terpencil Ditinjau Menurut Akad Ijarah Bi Al-‘Amal (Studi Relevansi Besaran Dan Wilayah Penempatan Guru Di Kabupaten Aceh Selatan)]
Preview
Text (Sistim Penggajian Guru Kontrak Daerah Terpencil Ditinjau Menurut Akad Ijarah Bi Al-‘Amal (Studi Relevansi Besaran Dan Wilayah Penempatan Guru Di Kabupaten Aceh Selatan))
Saki Mubarak, 140102138, FSH, HES, 082367016949.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya surat keputusan Bupati Aceh Selatan tentang penetapan guru kontrak daerah khusus 3T atau daerah terpencil di Kabupaten Aceh Selatan, namun ada beberapa permasalahan pada surat keputusan Bupati Aceh Selatan ini diantaranya kejelasan kontrak kerja, penempatan lokasi guru kontrak didaerah terpencil, besaran gaji yang diberikan, wacana perpanjangan surat keputusan. Hal yang ingin diteliti adalah bagaimana sistim penggajian guru kontrak daerah terpencil di Kabupaten Aceh Selatan ditinjau menurut akad Ijarah Bi Al-‘Amal (stusi revelansi besaran dan wilayah penempatan guru di kabupaten Aceh Selatan. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang berbentuk deskriptif analisis, metode pengumpulan data penulis menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research) serta penelitian lapangan (Field Reseach) yang dilakukan di rumah-rumah sekolah daerah khusus 3T atau daerah terpencil di kabupaten Aceh Selatan. Hasil penelitian ditemukan bahwa tidak adanya revelansi antara besaran gaji yang diberikan dengan tingkat kesulitan lokasi penempatan guru. Guru yang di kontrak diperintahkan untuk tinggal didaerah khusus 3T atau daerah terpencil dengan biaya hidup yang sangat kecil dan tidak mencukupi, bahkan adanya pengangguran terhadap besaran gaji yang diberikan tanpa adanya kejelasan dari pihak pemerintah Aceh Selatan adapun pandangan ijarah bi al-‘amal yaitu belum semuanya sesuai dengan ijarah Bi al-‘amal terutama dalam hal kejelasan kontrak dan pemberian gaji yang mengacau pada tingkat kesulitan lokasi penempatan guru kontrak di daerah kuhus 3T atau daerah terpencil. Hal ini menimbulkan rasa teraniaya guru kontrak diakibatkan besaran gaji yang diberikan teramat kecil jika mengacau pada tingkat kesulitan lokasi penempatan guru dan tidak terpenuhinya kebutuhan biaya hidup guru kontrak khusus 3T atau daerah terpencil di Kabupaten Aceh selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. EMK. Alidar, S. Ag., M.Hum Pembimbing II : Faisal Fauzan, S.E, M.Si., Ak.CA
Uncontrolled Keywords: Kontrak, Penggajian, Daerah Terpencil, Ijarah Bi Al- ‘Amal
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.223 Sewa Menyewa (Ijarah)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Saki Mubarak
Date Deposited: 08 Sep 2020 04:42
Last Modified: 08 Sep 2020 04:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13702

Actions (login required)

View Item
View Item