Kepemimpinan Transformatif Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SDN 16 Banda Aceh

Noni Olifida, 150206096 (2019) Kepemimpinan Transformatif Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SDN 16 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Kepemimpinan Transformatif Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SDN 16 Banda Aceh]
Preview
Text (Kepemimpinan Transformatif Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SDN 16 Banda Aceh)
Noni Olifida, 150206096, FTK, MPI, 085314549507.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kepala sekolah adalah guru yang diberikan tugas tambahan untuk memimpin sekolah, kepala sekolah harus mempunyai kepemimpinan yang efektif yaitu mampu menunjukan kemampuannya, mengembangkan potensi-potensi sekolah, guru, dan siswa untuk mencapai potensi prestasi yang maksimal. Pendidikan bermutu lahir dari sistem perencanaan yang baik (good planyng sistem) dengan materi dan sistem tata kelola yang baik (good governance sistem) dan disampaikan oleh guru yang baik (good teacher) dengan komponen pendidikan bermutu khususnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN 16 Banda Aceh, Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN 16 Banda Aceh, Kendala kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN 16 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini kepala sekolah dan dua orang guru pembelajaran. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tersebut di analisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verivikasi data). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan ialah dengan membuat perencanaan kedepan untuk di terapkan di sekolah salah satu perencanaannya ialah dengan menerapkan pembelajaran ekosistem di sekolah, sedangkan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ialah dengan sering mengadakan rapat di sekolah, dan memberikan pelatihan kepada guru-guru untuk meningatkan kualitas guru di sekolah, untuk meningkatkan kualitas siswa yaitu melalui program-program yang di benuk di sekolah. Kendala atau hambatan yang dijumpai kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan seperti kendala dengan orang tua murid mengenai pengutipan dana untuk kegiatan di sekolah karena ada orang tua yang kurang setuju namun ada juga yang menyetujuinya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Yusri M. Daud, M.Pd. Pembimbing II : Nurussalami, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.5 Disipli Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Noni Olifida Noni
Date Deposited: 09 Sep 2020 03:02
Last Modified: 09 Sep 2020 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13711

Actions (login required)

View Item
View Item