Peran Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Administrasi Bagi Masyarakat Gampong Lamcot Kecamatan Cot Glie Kabupaten Aceh Besar

Vina Susana, 160802100 (2020) Peran Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Administrasi Bagi Masyarakat Gampong Lamcot Kecamatan Cot Glie Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (membahas tentang pelayanan administrasi yang diberikan oleh keuchik)
Vina Susana, 160802100, FISIP, IAN, 082274717753.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB) | Preview
Official URL: http://library.ac.id

Abstract

Pemerintah desa merupakan sebuah unsur penyelenggaraan pemerintahan yang bertugas melayani kebutuhan masyarakat. Pemerintah desa bertugas dan tanggung jawab untuk mengurus masyarakat agar terciptanya masyarakat yang sejahtera. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa menyatakan bahwa pemerintah desa berkewajiban memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan di dalamnya melaksanakan tugasnya, pemerintah desa berkewajiban menyelenggarakan administrasi pemerintahan yang baik serta melaksanakan prinsip tata pemerintahan desa yang transparan. Diantara peran yang harus dijalankan pemerintah desa meliputi pelayanan, pengaturan, pembinaan, koordinasi, pengelolaan dan pembangunan. Adapun salah satu tugas pokok yang harus dijalankan pemerintah desa adalah melayani keperluan administrasi masyarakat seperti pengurusan KK, KTP, Akta kelahiran, surat keterangan penduduk, surat kelakuan baik dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pemerintah desa dalam pelayanan administrasi bagi masyarakat Gampong Lamcot Kecamatan Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar dan untuk mengetahui sistematika pelayanan administrasi masyarakat gampong tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerintah desa telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik dalam melayani masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan. Meskipun ada kendala dalam pelayanan administrasi berupa tidak adanya kantor keuchik, namun pelayanan administrasi tetap terjadi di rumah keuchik atau di rumah sekretaris desa.. Adapun sistematika pelayanan administrasi masyarakat adalah harus menjumpai keuchik atau sekretaris desa terlebih dahulu. Selanjutnya keuchik mengarahkan masyarakat untuk menjumpai sekretaris desa dan kemudian meminta tanda tangan keuchik sekaligus stempel desa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemerintah desa telah berupaya menjalankan perannya dengan baik yaitu melayani masyarakat dengan membantu mengurus keperluan administrasi kependudukan. Pemerintah desa telah semaksimal mungkin meningkatkan kualitas pelayanan administrasi dengan menyediakan sarana dan prasarana publik.Pemerintah desa juga memberikan informasi dan mengarahkan masyarakat untuk memenuhi syarat-syarat prengurusan administrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Said Amirulkamar, MM., M.Si. 2. Mirza Fanzikri, S.Sos.I.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Peran Pemerintah Desa, Pelayanan, Administrasi, Gampong Lamcot
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik > 2X6.22 Sistem Pemerintahan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.3 Koordinasi dan pengawasan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Vina Susana Syamsuar
Date Deposited: 08 Sep 2020 03:06
Last Modified: 08 Sep 2020 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13718

Actions (login required)

View Item View Item
TOP