Putri Tanjong, 271324688 (2017) Strategi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di SMAN 1 Samalanga Bireun. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Fenomena yang terjadi bahwa di SMAN 1 Samalanga masih adanya guru yang tidak bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas yang diberikan kepadanya, salah satunya tidak disiplin waktu masuk ke dalam ruang kelas untuk mengajar, sehingga proses pembelajaran tidak berjalan efektif, tujuan instruksional yang diinginkan tidak akan tercapai, dan tidak profesionalnya seorang guru karena melalaikan tugas yang dibebankan terhadapnya. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran di SMAN 1 Samalanga, untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran di SMAN 1 Samalanga dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran di SMAN 1 Samalanga. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian disini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru tetap di SMAN 1 Samalanga. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah mengunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran di SMAN 1 Samalanga belum maksimal. Strategi-strategi yang telah dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran meliputi peningkatan kemampuan mengajar guru, optimalisasi penggunaan media dan sarana pendidikan, pelaksanaan supervisi secara rutin, menjalin kerjasama dengan masyarakat dan penerapan disiplin yang ketat, namun masih ada juga guru yang tidak bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas yang diberikan kepadanya. Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam peningakatan mutu pembelajaran adalah kekurangan tenaga pendidik yang tetap, sehingga banyak digunakan tenaga pendidik yang honorer.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dr. Mujiburrahman, M.Ag; NIP. 197109082002121001; 2. Drs. Hasbi Wahy, M.Pd; NIP. 195303031985031001 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Kepala Sekolah,Peningkatan Mutu |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 271324688 Putri Tanjong |
Date Deposited: | 27 Oct 2017 02:04 |
Last Modified: | 27 Oct 2017 02:05 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1372 |