Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Game Terapi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quotient) Terhadap Siswa Di SMPS Babul Maghfirah Aceh Besar

Salvinda Syahara Dewi, 150213020 (2020) Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Game Terapi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quotient) Terhadap Siswa Di SMPS Babul Maghfirah Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Game Terapi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quotient) Terhadap Siswa Di SMPS Babul Maghfirah Aceh Besar)
Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Game Terapi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quotient) Terhadap Siswa Di SMPS Babul Maghfirah Aceh Besar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan Spiritual (SQ) memiliki peranan sebagai landasan yang diperlukan untuk memfungsikan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional (IQ dan EQ). Salah satu perilaku yang menunjukkan seseorang cerdas dalam spiritualnya ialah perilaku jujur (shiddiq). Namun saat ini, di sekolah perilaku jujur menjadi sesuatu yang ditakutkan dan dianggap tidak penting oleh peserta didik. Sehingga banyak perilaku menyimpang yang menyebabkan tingginya angka kasus yang terjadi di sekolah khususnya di SMPS Babul Maghfirah Aceh Besar. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah apakah bimbingan kelompok dengan teknik game terapi efektif untuk meningkatan kecerdasan spiritual siswa di SMPS Babul Maghfirah Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah bimbingan kelompok dengan teknik game terapi efektif untuk meningkatan kecerdasan spiritual siswa di SMPS Babul Maghfirah Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan teknik observasi terhadap 70 populasi dan 8 sampel. Setelah mendapatkan data yang diperoleh, data dianalisis dengan menggunakan uji wilcoxon yang dilakukan dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kecerdasan spiritual yang signifikan sebelum dan sesudah dilakukan treatment. Sehingga, bimbingan kelompok dengan teknik game terapi dikatakan efektif untuk meningkatkan kecerdasan spiritual (sikap shiddiq) siswa di SMPS Babul Maghfirah Aceh besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
100 Philosophy and Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Salvinda Syahara Dewi Syalvinda
Date Deposited: 09 Sep 2020 03:41
Last Modified: 09 Sep 2020 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13723

Actions (login required)

View Item View Item
TOP