Pemanfaatan Media Audio Visual Dan Flipbook Pada Materi Kingdom Animalia Di SMA Negeri 16 Banda Aceh

Sulasmi Rike Syara, 140207076 (2020) Pemanfaatan Media Audio Visual Dan Flipbook Pada Materi Kingdom Animalia Di SMA Negeri 16 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Pemanfaatan Media Audio Visual Dan Flipbook Pada Materi Kingdom Animalia Di SMA Negeri 16 Banda Aceh)
Pemanfaatan Media Audio Visual Dan Flipbook Pada Materi Kingdom Animalia Di SMA Negeri 16 Banda Aceh.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran Biologi yang berlangsung di SMA Negeri 16 Banda Aceh saat ini masih menggunakan media pembelajaran biasa yaitu dengan memanfaatkan buku pelajaran dan LKPD, sehingga berpengaruh pada hasil belajar dan respon siswa dalam proses pembelajaran. Adapun media yang dapat meningkatkan hasil belajar dan respon siswa adalah dengan memanfaatkan media yang lebih menarik bagi siswa berupa media audio visual dan flipbook. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dari penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA SMA Negeri 16 Banda Aceh pada materi kingdom Animalia. Serta mengetahui kelayakan media dan respon siswa dalam penggunaan media pembelajaran. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah PreEksperiment dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Desain ini mengukur kondisi awal responden sebelum diberikan perlakuan, memberikan perlakuan dan melakukan pengamatan atau pengukuran setelah diberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 16 Banda Aceh, sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling yaitu seluruh siswa kelas X MIPA yang terdiri dari 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Instrumen dalam penelitian ini diperoleh dari daftar angket dan soal tes (Pretest dan Posttest). Teknik analisis data hasil belajar siswa menggunakan rumus N-Gain sedangkan kelayakan dan respon siswa dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran dapat membuktikan siswa memperoleh nilai diatas KKM, diperoleh dari nilai rata-rata pretest siswa yaitu 22,56 dan posttest 78,08 yang artinya sudah melewati nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) dan N-Gain yaitu 0,712 yaitu 84% siswa sudah melewati KKM dengan kategori N-Gain tinggi. Hasil respon siswa setelah dimanfaatkan media diperoleh total persentase 85% dengan kriteria sangat positif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan memanfaatkan media audio visual dan flipbook pada materi kingdom Animalia di SMA Negeri 16 Banda Aceh dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Sulasmi Rike Syara Sulasmi
Date Deposited: 08 Sep 2020 04:19
Last Modified: 08 Sep 2020 04:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13727

Actions (login required)

View Item View Item
TOP