Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas XI di SMAN 1 Baitussalam Aceh Besar

Nura Yudrika, 150213052 (2019) Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas XI di SMAN 1 Baitussalam Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas XI di SMAN 1 Baitussalam Aceh Besar)
Nura Yudrika, 150213052, FTK, BK, 082368098986,.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Karakter merupakan tabiat atau watak yang melekat pada diri seseorang. Dalam pembentukannya, Karakter banyak dipengaruhi oleh faktor lingkungan yaitu kebiasaan. Di SMAN 1 Baitussalam Aceh Besar banyak siswa yang menunjukkan karakter yang tidak baik seperti kurang menghormati guru, acuh tak acuh, membolos dan merokok, ini akibat dari kurangnya pengawasan terhadap kebiasaan siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan layanan bimbingan kelompok dapat mempengaruhi pembentukan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dengan pendekatan eksperimen menggunakan One Group Pre-test and Post-test Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS sebanyak 41 orang dan sampel penelitian adalah 5 orang siswa yang di pilih melalui purposive sampling dengan mengkategori siswa yang tingkat karakter rendah. Data dikumpulkan melalui skala likert. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan SPSS 20 dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan nilai skala karakter siswa dengan nilai rata-rata post-test 664, dibandingkan dengan nilai rata-rata pre-test 574. Berdasarkan analisis paired sample test, diketahui adanya perbedaan sebelum dan setelah diberikannya layanan bimbingan kelompok terhadap karakter siswa di SMAN 1 Baitussalam Aceh Besar, dengan data t hitung > t tabel (13,059>2,131) atau Sig < 0,00 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya layanan bimbingan kelompok yang diberikan sebagai treatment untuk merubah karakter siswa memberi efek positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Nura Yudrika
Date Deposited: 08 Sep 2020 02:09
Last Modified: 08 Sep 2020 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13728

Actions (login required)

View Item View Item
TOP