Model Pengelolaan Kelas dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di MTsN 4 Aceh Tengah

Suryani, 271324982 (2017) Model Pengelolaan Kelas dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di MTsN 4 Aceh Tengah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Membahas Prestasi Belajar Siswa]
Preview
Text (Membahas Prestasi Belajar Siswa)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan kelas merupakan suatu proses seleksi tindakan yang dilakukan guru dalam fungsinya sebagai penanggung jawab kelas dan seleksi penggunaan alat-alat belajar yang tepat sesuai dengan masalah dan karakteristik upaya membudidayakan seluruh potensi kelas baik komponen utama dan pendukung. Akan tetapi dalam pengelolaan kelas masih banyak kekurangan yang timbul, seperti fasilitas sarana yang ada di dalam kelas tidak terlalu memadai, bahkan siswapun masih kurang dalam menjaga fasilitas yang sudah ada, dan fasilitas yang sudah disediakan tidak dimanfaatkan dengan baik, adapun manfaat tujuan ini yaitu untuk mengetahui model pengelolaan kelas dalam peningkatan prestasi belajar siswa, meningkatkan prestasi belajar, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, dua orang guru dan enam siswa. Teknik pengambilan sampel dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pengelolaan kelas dalam peningkatan prestasi belajar siswa yaitu dilakukan dengan menggunakan model humanistik, behavioristik, dan demokratik yang dipakai oleh guru dengan menyesuaikan materi yang akan dibahas sehingga tujuan belajar dapat tercapai dengan baik sesuai dengan pengelolaan kelas yang akan digunakan. Prestasi belajar siswa dalam pengelolaan kelas dapat lebih meningkat karena dengan adanya pengelolaan kelas yang telah dilakukan selama ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa contoh meningkatnya nilai UTS siswa semakin lebih baik dari yang sebelumnya. Adapun faktor pendukung dalam pengelolaan kelas dalam peningkatan prestasi belajar siswa di MTsN 4 Aceh Tengah yaitu. Pertama, sebagian siswa aktif dalam belajar. Kedua siswa sangat mendukung model pengelolaan kelas. Ketiga siswa kreatif dalam mengelola kelas. Faktor penghambat pertama, kurangnya kemampuan guru dalam mengelola kelas. Kedua siswa kurang mendukung dalam model pengelolaan kelas. Ketiga kurang fasilitas media belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Fatimah Ibda, M. Si 2.Mumtazul Fikri M,A
Uncontrolled Keywords: Belaja, Prestasi, Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 271324982 Suryani
Date Deposited: 26 Oct 2017 07:43
Last Modified: 26 Oct 2017 07:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1373

Actions (login required)

View Item
View Item