Spesies Ikan Tangkapan Nelayan Di Pesisir Pantai Lhok Pawoh Kabupaten Aceh Barat Daya Sebagai Referensi Tambahan Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X MAS Manggeng

Khalisni, 281324811 (2020) Spesies Ikan Tangkapan Nelayan Di Pesisir Pantai Lhok Pawoh Kabupaten Aceh Barat Daya Sebagai Referensi Tambahan Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X MAS Manggeng. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Spesies Ikan Tangkapan Nelayan Di Pesisir Pantai Lhok Pawoh Kabupaten Aceh Barat Daya Sebagai Referensi Tambahan Materi Keanekaragaman Hayati  Kelas X MAS Manggeng]
Preview
Text (Spesies Ikan Tangkapan Nelayan Di Pesisir Pantai Lhok Pawoh Kabupaten Aceh Barat Daya Sebagai Referensi Tambahan Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X MAS Manggeng)
Khalisni, 281324811, FTK, PBL, 082366900036.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pengetahuan tentang spesies ikan belum banyak diketahui secara detail oleh masyarakat wilayah Lhok Pawoh dan sekitarnya, salah satunya karena belum banyaknya tersedia data dan informasi, sehingga pengetahuan tentang spesies-spesies ikan masih tergolong sangat minim. Proses pembelajaran di sekolah menjadi salah satu cara siswa untuk mendapatkan lebih banyak ilmu pengetahuan. Siswa dapat mengembangkan prestasi baik kognitif, afektif, maupun psikomotorik, mengembangkan sikap ilmiah dan membentuk sikap yang ramah lingkungan.Tujuan penelitian ini adalah untuk menghitung spesies ikan tangkapan nelayan yang terdapat di pesisir pantai Lhok Pawoh Aceh Barat Daya, mendeskripsikan karakteristik spesies ikan hasil tangkapan nelayan di pesisir pantai Lhok Pawoh Aceh Barat Daya, dan menguji kelayakan hasil penelitian spesies ikan tangkapan nelayan dipesisir pantai Lhok Pawoh Aceh Barat Daya. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi langsung, dimana peneliti melakukan kegiatan pemusatan perhatian terhadap obyek dengan menggunakan seluruh alat indera dalam mengamati keadaan. Analisis data karakteristik ikan dianalisis secara kualitatif yang ditampilkan, sedangkan untuk uji kelayakan terhadap buku saku menggunakan rumus presentase kelayakan. Hasil penelitian spesies ikan tangkapan nelayan di pesisir pantai Lhok Pawoh Aceh Barat Daya terdapat 35 spesies ikan dari 8 ordo. karakteristik spesies ikan tangkapan nelayan di pesisir pantai Lhok Pawoh memiliki persamaan dan perbedaan yang beragam, yaitu pada bentuk tubuh, tipe ekor, posisi mulut, dan warna tubuh. Hasil uji kelayakan buku saku spesies ikan tangkapan nelayan dipesisir pantai Lhok Pawoh oleh validator diperoleh skor total 92,3% yang berarti sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ikan, Spesies, Pesisir Pantai Lhok Pawoh, Aceh Barat Daya
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Khalisni Zainun Bachah
Date Deposited: 08 Sep 2020 02:13
Last Modified: 08 Sep 2020 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13734

Actions (login required)

View Item
View Item