Partisipasi Perempuan dalam Pembangunan Gampong (Studi Komparasi di Gampong Maheng Kecamatan Kuta Cot Glie dan Gampong Meunasah Keudee Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar).

Eli Asjaini, 160802024 (2020) Partisipasi Perempuan dalam Pembangunan Gampong (Studi Komparasi di Gampong Maheng Kecamatan Kuta Cot Glie dan Gampong Meunasah Keudee Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Skripsi ini membahas tentang perbandingan partisipasi perempuan di daerah pedesaan dan daerah pesisir dalam pembangunan gampong]
Preview
Text (Skripsi ini membahas tentang perbandingan partisipasi perempuan di daerah pedesaan dan daerah pesisir dalam pembangunan gampong)
Eli Asjaini, 160802024, FISIP, IAN, 0852297321977-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB) | Preview

Abstract

Pemerintah Indonesia mengeluarkan Intruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 Tentang Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam pembangunan. Dalam proses pembangunan terdapat beberapa unsur yang terlibat salah satunya perempuan. Partisipasi perempuan dalam pembangunan gampong sudah banyak diteliti, namun partisipasi perempuan yang membandingkan letak geografis dalam partisipasi perempuan belum banyak diteliti. Penelitian ini bermaksud untuk melihat bagaimana partisipasi perempuan di daerah pedesaan (Maheng) dan di daerah pesisir (Meunasah keudee) dalam pembangunan gampong. Apakah gampong yang berlatar belakang berbeda memiliki perbedaan dalam berpartisipasi khususnya perempuan. Sehingga pemerintah dapat memberikan kebijakan yang sesuai dengan latar belakang suatu gampong. Penelitian ini bertujuan membandingkan tingkat partisipasi perempuan di kedua daerah yang berlatar belakang berbeda yaitu pedesaan dan juga pesisir serta melihat hambatan dan tantangan yang dihadapi kedua gampong dalam partisipasi perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis partisipasi di Gampong Maheng dan Meunasah Keudee meliputi partisipasi dalam kegiatan Musrenbang, kegiatan keagamaan dan kegiatan PKK serta kegiatan sosial. Dalam kegiatan Musrenbang partisipasi perempuan di gampong masih rendah terlihat pada kehadiran perempuan yang masih sangat sedikit dikegiatan Musrenbang. Di Gampong Meunasah Keudee sudah lebih baik dari pada Gampong Maheng, dikarenakan di Gampong Meunasah Keudee melakukan musyawarah khusus perempuan terlebih dahulu sebelum dilaksanakannya Musrenbang gampong. Dalam kegiatan keagamaan, tingkat partisipasi dikedua gampong sudah baik, terlihat pada jumlah masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut. Dalam kegiatan PKK dan kegiatan sosial dikedua gampong juga sudah baik, tetapi ada beberapa kegiatan yang sudah jarang dilakukan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tingkat partisipasi perempuan dalam pembangunan gampong di Gampong Maheng yang berlatar belakang pedesaan maupun di Gampong Meunasah Keudee yang berlatar belakang pesisir masih rendah.

Kata Kunci : Partisipasi Perempuan, Daerah Pedesaan dan Daerah Pesisir, Komparasi partisipasi perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Ernita Dewi, S.Ag., M.Hum 2. Dian Rubianty, S.E., Ak., MPA
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Perempuan, Daerah Pedesaan dan Daerah Pesisir, Komparasi partisipasi perempuan.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Eli Asjaini
Date Deposited: 08 Sep 2020 03:09
Last Modified: 08 Sep 2020 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13735

Actions (login required)

View Item
View Item