Keanekaragaman Makroalga Di Perairan Lhoknga Sebagai Referensi Tambahan Sub Materi Ganggang Di SMA Negeri 1 Lhoknga

Rauzatul Jannah, 281324813 (2020) Keanekaragaman Makroalga Di Perairan Lhoknga Sebagai Referensi Tambahan Sub Materi Ganggang Di SMA Negeri 1 Lhoknga. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Keanekaragaman Makroalga Di Perairan Lhoknga Sebagai   Referensi Tambahan Sub Materi Ganggang Di Sma Negeri 1 Lhoknga]
Preview
Text (Keanekaragaman Makroalga Di Perairan Lhoknga Sebagai Referensi Tambahan Sub Materi Ganggang Di Sma Negeri 1 Lhoknga)
Rauzatul Jannah, 281324813, FTK, PBL, 085297977989.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Makroalga adalah tumbuhan yang menempati habitat yang lembab dan basah, mengandung klorofil dan dapat berfotosinstesis serta memiliki alat reproduksi yang sederhana. Makroalga yang di pelajari di SMAN 1 lhoknga yakni pada sub materi algae. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui spesies makroalga, mengetahui keanekaragaman makroalga, mengetahui manfaat dari hasil penelitian makroalga, mengetahui kelayakan hasil penelitian makrolaga yang terdapat di perairan Lhoknga kabupaten Aceh Besar sebagai referensi tambahan pada sub materi ganggang. Metode penelitian survey eksploratif dengan teknik pengambilan langsung pada lokasi yang telah ditetapkan. Analisis data keanekaragaman menggunakan rumus Shannon-Wiener, sedangkan untuk uji kelayakan terhadap buku saku menggunakan rumus Persentasi Kelayakan. Hasil penelitian di Perairan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar terdapat 8 spesies makroalga dari 5 famili yang terdiri dari Galaxaura apiculata, Galaxaura fastigiata, Halimeda discoidea, Halimeda macroloba, Halimeda opuntia, Turbinaria deccurens, Padina australis, Sargassum polycystum. Keanekaragaman makroalga yang terdapat di lokasi penelitian tergolong rendah yaitu H̅= 1,7. Hasil uji kelayakan buku saku oleh validator diperoleh skor total 79,4 % yang berarti layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Makroalga, Keanekaragaman, Perairan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 579 Mikro Organisme, Fungi, Algae(alga Ganggang)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Rauzatul Jannah
Date Deposited: 16 Sep 2020 01:53
Last Modified: 16 Sep 2020 01:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13739

Actions (login required)

View Item
View Item