Transaksi Penjualan Baju Konsumen Secara Sepihak Oleh Manajemen Toko Taylor Di Tungkob Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Tentang Keabsahan Transaksi Pada Objek Yang Tidak Dimiliki Penjual)

Zumara, 160102027 (2020) Transaksi Penjualan Baju Konsumen Secara Sepihak Oleh Manajemen Toko Taylor Di Tungkob Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Tentang Keabsahan Transaksi Pada Objek Yang Tidak Dimiliki Penjual). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Transaksi Penjualan Baju Konsumen Secara Sepihak Oleh Manajemen Toko Taylor Di Tungkob Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Tentang Keabsahan Transaksi Pada Objek Yang Tidak Dimiliki Penjual)]
Preview
Text (Transaksi Penjualan Baju Konsumen Secara Sepihak Oleh Manajemen Toko Taylor Di Tungkob Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Tentang Keabsahan Transaksi Pada Objek Yang Tidak Dimiliki Penjual))
Zumara, 160102027, FSH, HES, 081376080353.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam hukum Islam, jual beli harus terpenuhi rukun dan syarat, di antaranya yaitu barang yang diperjualbelikan harus milik penjual dan dimiliki secara sempurna (milk al-tam). Namun penjualan yang dilakukan salah satu toko taylor di gampong Tungkop Kec. Darussalam Kab. Aceh Besar, melakukan transaksi jual beli tanpa seizin pemiliknya jual beli tersebut dilakukan atas dasar klausula yang dibuat oleh pihak toko yang ditempelkan pada sebuah etalase kaca di toko tersebut. pihak manajemen toko melakukan penjualan atas dasar kerugian yang dialami dan untuk menutupi setiap pengeluaran yang telah dikeluarkan pada proses pembuatan baju tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengapa Lely taylor melakukan penjualan baju milik konsumen tanpa seizin pemiliknya, bagaimana penetapan harga yang dilakukan oleh pihak taylor pada penjualan baju konsumennya, dan perspektif hukum Islam terhadap keabsahan jual beli yang dilakukan oleh pihak Lely taylor terhadap baju konsumennya. Skripsi ini menggunakan jenis penelitian deskriptif analisi, dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Setelah melakukan analisis data, penulis menyimpulkan bahwa penjualan baju kosumen secara sepihak yang dilakukan oleh pihak manajemen toko Lely taylor dilakukan untuk menutupi kerugian yang dikeluarkan selama proses penjahitan baju tersebut dan juga untuk menutupi upah pekerja yang telah bekerja menjahit baju tersebut. Meskipun demikian, dalam hukum Islam tetap harus diupayakan menghubungi pemiliknya agar mendapatkan persetujuan dari pemilik untuk menghindari tindakan gharar, dan tindakan fasid pada barang yang diperjualbelikan dalam transaksi jual beli disebabkan tidak sempurnanya terpenuhi syarat dari transaksi jual beli. Dengan demikian jual beli yang dilakukan oleh pihak Lely Taylor tidak sah menurut ketentuan hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Muhammad Maulana, M.Ag Pembimbing II : Riadhus Sholihin, M.H
Uncontrolled Keywords: Kepemilikan, Jual beli, Gharar, Harta.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Zumara Zumara
Date Deposited: 08 Sep 2020 04:17
Last Modified: 08 Sep 2020 04:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13740

Actions (login required)

View Item
View Item