Implementasi Remunerasi Bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan Uin Ar-Raniry Banda Aceh

Rini Afriza, 160802109 (2020) Implementasi Remunerasi Bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Tentang Implementasi Remunerasi Bagi PNS]
Preview
Text (Tentang Implementasi Remunerasi Bagi PNS)
Rini Afriza, 160802109, FISIP, IAN, 082267005335.pdf - Accepted Version

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (UINAR) Banda Aceh merupakan salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri yang menerapkan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU) setelah dikeluarkannya Surat Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 293/KMK.05/2011 tentang Penetapan UIN Ar-Raniry sebagai instansi pemerintah yang menerapkan PK-BLU. Salah satu kebijakan yang diterapkan UIN Ar-Raniry sebagai PK-BLU adalah dengan menerapkan dan melaksanakan kebijakan remunerasi bagi PNS. Remunerasi merupakan imbalan yang diberikan kepada Dewan Pengawas dan Pegawai BLU atas pekerjaan yang telah dilakukan berdasarkan tingkat tanggung jawab, dan tuntunan profesionalisme yang terdiri atas honorarium dan insentif kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi remunerasi bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di FISIP UIN Ar-Raniry Banda Aceh, dan apa saja kendala yang dihadapi dalam implementasi remunerasi bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada awal pelaksanaan remunerasi sampai dengan sekarang tidak semuanya berjalan dengan lancar ada beberapa kendala yang dihadapi. Adapun kendala yang dihadapi dalam pengimplementasian remunerasi bagi PNS di FISIP UIN Ar-Raniry Banda Aceh adalah sumberdaya manusia kurang memadai dalam hal merekap data PNS dan sumber anggaran yang kurang memadai dalam hal pemberian remunerasi kepada PNS. Kendala lainnya adalah sifat dan komitmen sebagian implementor yang kurang mendukung pelaksanaan remunerasi, hal ini dapat dilihat dari keterlambatan PNS dalam mengumpulkan berkas yang menjadi syarat remunerasi dan mengisi laporan kinerja harian, yang akhirnya berdampak pada terkendalanya pengimplementasian remunerasi bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di FISIP UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Kata kunci: Implementasi, Remunerasi, Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Ernita Dewi, S.Ag., M.Hum. 2. Muazzinah, B.Sc., M.PA.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Remunerasi, Pegawai Negeri Sipil (PNS).
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Rini Afriza
Date Deposited: 08 Sep 2020 03:05
Last Modified: 08 Sep 2020 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13743

Actions (login required)

View Item
View Item