Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Mutia Rahmah, 150205005 (2020) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa)
Mutia Rahmah, 1502105005, FTK, PMA, 082311995370.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (23MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan utama dalam pembelajaran matematika. Pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika harus dikembangkan, dalam proses pembelajaran siswa perlu dibiasakan untuk memecahkan masalah, baik masalah matematis maupun masalah dalam kehidupan sehari-hari. Kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu model pembelajaran Problem Based Instruction. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran PBI, (2) Untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran PBI dengan siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Peusangan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Simple Random Sampling, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar tes kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil penelitian diperoleh: (1) Uji N-Gain dengan nilai rata-rata diperoleh 0,66 dengan kategori “Sedang” dan berdasarkan uji paired sample t-test diperoleh ttabel sebesar 1,70 dan thitung sebesar 43,72 yang berarti thitung > ttabel, yaitu 43,72 > 1,70, maka tolak H0 sehingga terima H1, dapat disimpulkan model pembelajaran PBI dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. (2) Berdasarkan uji-t independen, diperoleh nilai thitung sebesar 13,76 dan ttabel sebesar 1,67. Karena thitung > ttabel yaitu 13,76 > 1,67 dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Peusangan yang diajarkan dengan model PBI lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. M. Duskri, M. Kes Pembimbing II : Kamarullah, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Instruction, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutia Rahmah
Date Deposited: 09 Sep 2020 02:48
Last Modified: 09 Sep 2020 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13747

Actions (login required)

View Item View Item
TOP