Peran Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh dalam Penanganan Sampah

Purnama Rizki DA HSB, 160802026 (2020) Peran Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh dalam Penanganan Sampah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Tentang  Penanganan Sampah]
Preview
Text (Tentang Penanganan Sampah)
Purnama Rizki DA HSB, 160802026, FISIP, IAN,081377335844.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (27MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Meningkatnya jumlah pendatang dari luar daerah mengakibatkan bertambahnya volume sampah di kota.Penanganan sampah merupakan upaya agar volume sampah tidak berdampak buruk bagi lingkungan. Pemerintah daerah mengambil alih tugas kedinasan berperan merealisasikan kebijakan dan memberi pelayanan secara langsung kemasyarakat, sebagaimana Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh bertanggungjawab melaksanakan penanganan sampah sebagai wujud realisasi amanah Peraturan Walikota (PERWAL) Nomor 50 Tahun 2016.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peranDLHK3 Kota Banda Aceh tentang Penanganan Sampah yang dilakukan di Kota Banda Aceh. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Pengumpulan data dengan dokumentasi,yakni mengumpulkan data primer dan sekunder melalui berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran DLHK3 Kota Banda Aceh relatif rendah. Dari kedua indikator untuk melihat peran dinas tersebut terdapat faktor pendukung yaitu telah tersusunnya kebijakan berupa aturan ditandai dengan adanya rencana kerja, visi misi yang jelas, SOP, serta struktur organisasi. Adapun faktor penghambat yaitu peneliti melihatkurangnya sarana karena penumpukan sampah pada satu lahan masih bergantung pada TPA Gampong Jawa yang kapasitasnya sudah overload, kerusakan sarana pendukung, serta sosialisasi yang kurang menyeluruh sehingga masih terdapat masyarakat yang tidak memilah sampah dari rumah. Oleh karena itu, DLHK3 diharapkan mengambil kebijakan dengan tepat, jangan hanya mengandalkan TPA Blang Bintang sebagai sarana pengurangan gunungan sampah di TPA Gampong Jawa, penuhi sarana penunjang penanganan sampah lainnya.

Kata Kunci:peran, DLHK3, penanganan sampah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Mahmuddin, M.Si 2. Siti Nur Zalikha, M.Si
Uncontrolled Keywords: peran, DLHK3, penanganan sampah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Purnama Rizki DA HSB
Date Deposited: 08 Sep 2020 03:41
Last Modified: 08 Sep 2020 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13752

Actions (login required)

View Item
View Item