Nyanyak Marawan Putri, 160801011 (2020) Branding Politik Calon Presiden Terhadap Meningkatnya Suara PKS di DPRK Kota Banda Aceh Pada Pemilu 2019. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Nyanyak Marawan Putri, 160801011, FISIP, IP, 081362795024.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberadaan popularitas calon Presiden terhadap kenaikan perolehan suara PKS pada pemilu 2019 di Kota Banda Aceh. PKS pada pemilu 2019 mengusung Prabowo-Sandi. Perolehan suara PKS pada Pemilu 2019 di level DPRK kota Banda Aceh mencapai 18.148 suara. Penelitian ini menjelaskan adanya pengaruh Branding Politik calon Presiden yang digunakan untuk meningkatkan perolehan suara PKS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kualitatif Deskriptif dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi yang digunakan oleh PKS pada Pemilu 2019 yaitu menggunakan kampanye dan branding politik calon presiden sebagai strategi pemenangan PKS. Hal ini yang kemudian membuat Calon Presiden memiliki pengaruh terhadap perolehan kursi legislatif PKS di kota Banda Aceh. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kampanye dan branding capres digunakan oleh PKS sebagai strategi pemenangan pada pemilu 2019, adanya pengaruh popularitas capres terhadap peningkatan perolehan suara PKS. Ada empat strategi yang digunakan oleh PKS pada Pemilu 2019 diantaranya: Line Extension (perluasan dini) atau strategi untuk program tambahan, Brand Extention (Perluasan Merek) menggunakan merek yang sama dengan menargetkan audien baru, Multi Brand atau untuk membentuk kesan dan daya tarik sekaligus melindungi citra dan Co-Brand yaitu program bersama yang dilakukan agar menguatkan serta menanam brand dalam benak masyarakat.