Penerapan Model Cooperative Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 9 Banda Aceh

Fofi Fausia. K, 160201038 (2020) Penerapan Model Cooperative Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 9 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Membahas Tentang Penerapan Model Cooperative Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam)
Fofi Fausia. k, 160201038, FTK, PAI, 081237967043.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penerapan model cooperative learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang telah diberikan oleh guru di dalam kelas merupakan faktor penting dalam kegiatan pembelajaran. Karena keberhasilan suatu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat dilihat dari sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap materi-materi pembelajarannya. Namun di kelas VIII SMPN 9 Banda Aceh masih kurangnya pemahaman peserta didik terhadap penerapan model cooperative learning pada materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Oleh sebab itu, peneliti mencoba melihat pemahaman Pendidikan Agama Islam tersebut dari ranah kognitif peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-5 SMPN 9 Banda Aceh yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data melalui instrumen observasi aktivitas guru dan peserta didik serta tes kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus skor hasil. Penelitian dilaksanakan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I dikategorikan “baik” dengan perolehan nilai 82,3 dan menjadi 94,1 pada siklus II. Aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh nilai 76,1 dengan kategori “cukup” kemudian meningkat menjadi 86,0 dengan kategori “baik” pada siklus II. Hasil tes pada siklus I dengan kategori “cukup” yaitu pre test I dengan skor 62,2 dan post test I dengan skor 74,5 kemudian meningkat pada siklus II dengan kategori “baik” yaitu pre test II dengan skor 82,2 dan post test II dengan skor 85,4. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman peserta didik terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMPN 9 Banda Aceh dikategorikan “baik”

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Sri Suyanta, M. Ag 2. Sri Mawaddah, MA
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Pembelajaran PAI
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fofi Fausia. K
Date Deposited: 09 Sep 2020 02:16
Last Modified: 09 Sep 2020 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13771

Actions (login required)

View Item View Item
TOP