Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pada Materi Usaha Dan Energi Berbasis Problem Based Learning

Siti Masita, 150204065 (2020) Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pada Materi Usaha Dan Energi Berbasis Problem Based Learning. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pada Materi Usaha Dan Energi Berbasis Problem Based Learning]
Preview
Text (Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pada Materi Usaha Dan Energi Berbasis Problem Based Learning)
Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pada Materi Usaha Dan Energi Berbasis Problem Based Learning.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (25MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan analisis kebutuhan yang peneliti lakukan di sekolah dalam proses pembelajaran masih menggunakan rencana pembelajaran yang belum sesuai , belum menggunakan rencana pembelajaran yang baik dan benar dan tidak berbasis PBL. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan RPP yang dapat menunjang peningkatan pembelajaran, sehingga peneliti berinisiatif untuk mengembangkan RPP fisika berbasis PBL. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan RPP berbasis PBL dan untuk menguji kelayakan produk RPP berbasis PBL menurut penilaian para ahli. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model ADDIE yang mana pada penelitian ini tidak menggunakan tahap implementasi. Langkah penelitian dan pengembangan tersebut adalah analisis kebutuhan, desain produk, pengembangan produk, dan evaluasi produk. Instrument penelitian berupa skala angket dengan empat kategori. Hasil penelitian pengembangan RPP fisika berbasis PBL menunjukkan bahwa: 1) desain pengembangan pada materi usaha dan energi kualitas RPP fisika berbasis PBL yang dinilai oleh ahli media termasuk dalam kategori sangat layak (90%) dan ahli substansi materi juga termasuk dalam kategori sangat layak (91%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e-modul fisika berbasis inkuiri dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Siti Masita Siti
Date Deposited: 10 Sep 2020 02:32
Last Modified: 10 Sep 2020 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13773

Actions (login required)

View Item
View Item