Analisis Penerapan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Pengadilan Negeri Singkil Kabupaten Aceh Singkil

Yohana, 160802068 (2020) Analisis Penerapan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Pengadilan Negeri Singkil Kabupaten Aceh Singkil. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Tentang Penerapan Pelayanan Terpadu Satu Pintu]
Preview
Text (Tentang Penerapan Pelayanan Terpadu Satu Pintu)
Yohana, 160802068, FISIP, IAN, 081360333872.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Pelaksanaan Program Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Pengadilan Negeri Singkil Kelas II, memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan masih belum sempurna. kecepatan pelayanan dan transfaransi dalam masih kurang. Begitu pun juga waktu pelayanan yang kurang efisien sangat merugikan masyarakat penerima layanan, sehingga hal ini menimbulkan terjadinya gratifikasi serta tidak dapat mendukung program bebas korupsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan program PTSP di Pengadilan Negeri Singkil Kelas II, dan untuk mengetahui Apa saja kendala yang dihadapi oleh instansi terhadap penerapan PTSP di Pengadilan Negeri Singkil Kelas II. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan Program PTSP di Pengadilan Negeri Singkil sudah diterapkan sejak tahun 2017 akan tetapi masih terdapat beberapa masalah seperti sumberdaya manusia yaitu kekurangan jumlah pegawai dalam memberikan pelayanan. Untuk fasilitas atau sarana dan prasaranan masih belum memadai seperti komputer, printer, dan alat scaner yang mulai rusak-rusak, dan jaringan internet yang tidak bagus. Dalam penelitian ini ditemukan beberapa kendala dalam penerapan Program PTSP di Pengadilan Negeri Singkil Kelas II. Adapun kendala yang dihadapi yaitu tidak ada pendaftaran PTSP di Pengadilan Negeri Singkil secara online, Jumlah pegawai yang masih kurang, sarana dan prasarana yang belum memadai. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam penerapan Program PTSP di Pengadilan Negeri Singkil Kelas II belum berjalan dengan efektif karena masih ada sarana dan prasarana yang belum memadai dan kekurangan pagawai dalam menjalankan PTSP.

Kata Kunci : Analisis, Penerapan, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Eka Januar, M. Soc.,sc 2. Zakki Fuad Khalil, S.IP., M.Si
Uncontrolled Keywords: Analisis, Penerapan, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Yohana Sariani
Date Deposited: 09 Sep 2020 01:49
Last Modified: 09 Sep 2020 01:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13789

Actions (login required)

View Item
View Item