Analisis Kesalahan Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Konversi Satuan Di MTSN 1 Aceh Barat

Nadiya Rizki, 150204045 (2020) Analisis Kesalahan Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Konversi Satuan Di MTSN 1 Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Kesalahan Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Konversi Satuan Di MTSN 1 Aceh Barat]
Preview
Text (Analisis Kesalahan Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Konversi Satuan Di MTSN 1 Aceh Barat)
Analisis Kesalahan Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Konversi Satuan Di MTSN 1 Aceh Barat.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi konversi satuan berdasarkan analisis Newman. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan instrumen penelitian yaitu tes tulis dan wawancara. Sebanyak 22 orang peserta didik dari kelas VII/B MTsN 1 Aceh Barat dijadikan sebagai responden dan dipilih 6 orang sebagai subjek untuk diwawancarai. Hasil analisis data ditemukan bahwa kesalahan membaca dilakukan oleh S-07 pada soal nomor 4. Kesalahan memahami pada soal nomor 1 dilakukan oleh S-03, S-07, dan S-20, pada soal nomor 2 dilakukan oleh S-11 dan S-20, pada soal nomor 3 dilakukan oleh S-20, dan kesalahan pada nomor 4 dilakukan oleh S-11 dan S-20. Kesalahan transformasi dilakukan oleh S-19 pada soal nomor 1 dan 2. Sementara, kesalahan penulisan jawaban dilakukan oleh S-22 dan S-19 pada soal nomor 4. Faktor penyebab kesalahan yang dilakukan peserta didik adalah kurangnya pengetahuan peserta didik tentang cara membaca simbol dan satuan, tidak menguasai materi konversi satuan dengan baik, peserta didik tidak paham dan tidak dapat mengungkapkan maksud dari soal dengan bahasanya sendiri, peserta didik tidak menemukan solusi penyelesaian soal, tidak teliti dalam proses perhitungan, asal-asalan mengerjakan dan terburu-buru dalam proses penyelesaian soal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nadiya Rizki Nadiya
Date Deposited: 08 Sep 2020 09:08
Last Modified: 08 Sep 2020 09:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13793

Actions (login required)

View Item
View Item