Evaluasi Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh

Nur Asiah, 140702016 (2020) Evaluasi Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Evaluasi Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh)
Nur Asiah, 140702016, SAINTEK, TL, 085270982048.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh adalah rumah sakit Provinsi. RSUDZA Banda Aceh merupakan rumah sakit terbesar di Aceh yang berakreditasi A, serta dijadikan rumah sakit rujukan tertinggi yang ada di Aceh. RSUDZA Banda Acehsebagai salah satu rumah sakit terbesar tentunya telah menerapkan SMK3 untuk menjamin keselamatan para pekerjanya. SMK3 di RSUDZA Banda Aceh ternyata belum terlaksana dengan baik, hal ini dapat dilihat dari data-data mengenai laporan kecelakaan akibat kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan SMK3 yang terdapat di RSUDZA Banda Aceh, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012 dengan kriteria satu yaitu tentang Penetapan Kebijakan K3, Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan SMK3 di RSUDZA Banda Aceh secara umum telah dilakukan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012,tetapimasih terdapat beberapa elemen yang belum sesuai seperti belum adanya penunjukan penanggung jawab K3 sesuai peraturan perundang- undangan. Selanjutnya belum terdapat pimpinan unit kerja yang bertanggung jawab atas kinerja K3 pada unit kerjanya, belum ada keterlibatan serta penjadwalan konsultasi dari tenaga kerja. Kemudian ketua P2K3 bukan dari pimpinan puncak atau pengurus, selanjutnya P2K3 belum mengadakan pertemuan secara teratur, serta belum adanya susunan kelompok-kelompok kerja.Adapun faktor yang mempengaruhi penerapan SMK3 yaitu keterbatasan dana, kepatuhan staf/karyawan yang masih kurang, tenaga kerja dibagian Komite K3 yang masih kurang, serta sarana yang belum tercukupi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Nurul Kamal, S.T., M.Sc. Pembimbing II : Adian Aristia Anas, S.T., M.Sc
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management & Public Relations (Manajemen dan Humas) > 658 Manajeman Umum > 658.401 Manajemen Operasi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Nur Asiah Nur
Date Deposited: 09 Sep 2020 03:25
Last Modified: 09 Sep 2020 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13800

Actions (login required)

View Item View Item
TOP