Profil Kemampuan Spasial Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri di SMP

Umi Nazrah Harahap, 160205120 (2020) Profil Kemampuan Spasial Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri di SMP. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Profil  Kemampuan  Spasial Matematis  Siswa     dalam Menyelesaikan Soal Geometri di SMP]
Preview
Text (Profil Kemampuan Spasial Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri di SMP)
Umi Nazrah Harahap, 160205120, FTK, PMA, 082241236607.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kesulitan siswa dalam belajar geometri berhubungan erat dengan kemampuan spasial. Kemampuan spasial dibutuhkan siswa untuk menunjang dalam memecahkan masalah matematika, khususnya geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan spasial matematis siswa dalam menyelesaikan soal geometri di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang subjeknya terdiri dari tiga siswa kelas IX-3 SMP Negeri 8 Banda Aceh. Data dikumpulkan melalui lembar tes kemampuan spasial matematis dan wawancara, kemudian data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan konsep Milles dan Huberman yang meliputi mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) siswa dengan kategori tinggi memperoleh kriteria baik untuk semua indikator kemampuan spasial matematis yang digunakan dalam penelitian ini, (2) siswa dengan kategori sedang memperoleh kriteria baik pada indikator menginstruksikan dan merepresentasikan model-model geometri yang digambar pada bidang datar dalam konteks ruang dan indikator menyatakan kedudukan antar unsur-unsur suatu bangun ruang, sedangkan untuk indikator membayangkan bentuk atau posisi suatu objek geometri yang dipandang dari sudut pandang tertentu dan indikator menginvestigasikan ukuran yang sebenarnya dari stimulus visual suatu objek geometri memperoleh kriteria cukup, (3) siswa dengan kategori rendah memperoleh kriteria baik pada indikator membayangkan bentuk atau posisi suatu objek geometri yang dipandang dari sudut pandang tertentu dan indikator menginstruksikan dan merepresentasikan model-model geometri yang digambar pada bidang datar dalam konteks ruang, sedangkan untuk indikator menyatakan kedudukan antar unsur-unsur suatu bangun ruang memperoleh kriteria cukup dan memperoleh kriteria kurang untuk indikator menginvestigasikan ukuran yang sebenarnya dari stimulus visual suatu objek geometri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Hafriani, M.Pd. Pembimbing II : Muhammad Yani, S.Pd.I., M.Pd.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nazrah Harahap Nazrah
Date Deposited: 09 Sep 2020 03:04
Last Modified: 09 Sep 2020 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13804

Actions (login required)

View Item
View Item