Pengembangan Media Pembelajaran Materi Segi Empat di SMP/MTs Berbasis Budaya Islami Dalam Suku Gayo

Liana Fitri, 160205039 (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Materi Segi Empat di SMP/MTs Berbasis Budaya Islami Dalam Suku Gayo. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Materi Segi Empat di SMP/MTs Berbasis Budaya Islami Dalam Suku Gayo]
Preview
Text (Pengembangan Media Pembelajaran Materi Segi Empat di SMP/MTs Berbasis Budaya Islami Dalam Suku Gayo)
Liana Fitri, 160205039, FTK, PMA, 085206215719.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Peneliti mendapatkan permasalahan dari hasil observasi di sekolah terhadap pendidik dan peserta didik yakni terdapat situs keagamaan dan kebudayaan di suku Gayo yang belum tereksplorasi sehingga tidak termanfaatkan dengan baik sebagai media pembelajaran matematika. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mencoba memberikan solusi melalui pengembangan media pembelajaran matematika berbasis budaya Islami pada suku Gayo berbentuk software PPT.. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran matematika berbasis etnomatematika kelas VII pada MTsN 1 Aceh Tengah, MTsN 7 Aceh Tengah dan SMPN 4 Takengon yakni dengan menggunakan motif-motif kerawang khas suku Gayo, serta untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap pengembangan media pembelajaran matematika berbasis budaya islami pada suku Gayo menggunakan model pengembangan 4D sehingga dapat mengetahui efektifitas media pembelajaran. Tahapan yang dilakukan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap menyebaran (disseminate). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli budaya suku Gayo dan guru mata pelajaran matematika. Berdasarkan hasil validasi tahap kualitas isi media pembelajaran diperoleh skor rata-rata 88,5% dengan kriteria “sangat sesuai atau sangat layak”, dan selanjutnya desain pelajaran dengan skor rata-rata 92,27% dengan kriteria “sangat menarik”. Berdasarkan hasil penelitian respon guru terhadap media diperoleh rata-rata skor sebesar 4,61 dimana x > 3,25 dengan kriteria “sangat baik”. Pada uji coba kepada peserta didik diperoleh rata-rata skor sebesar 4,46 dimana x > 3,25 dengan kriteria “sangat baik”. Berdasarkan penilaian tersebut maka media pembelajaran matematika materi segiempat berbasis budaya islami dapat dijadikan sebagai pelengkap bahan ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Drs. Lukman Ibrahim, M.Pd Pembimbing II :Dr. M. Duskri, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Pengembahan Media, Budaya Islami Gayo, Model 4D
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Liana Fitri
Date Deposited: 09 Sep 2020 03:00
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13814

Actions (login required)

View Item
View Item