Syarifah Rizqina Fajri, 160205032 (2020) Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Menyelesaikan Soal Limas dan Prisma. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.
Syarifah Rizqina Fajri, 160205032, FTK, PMA, 082160537407.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (12MB) | Preview
Abstract
Salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan penalaran matematis namun pada kenyataannya masih ada siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis yang rendah. Guru memerlukan gambaran bagaimana kemampuan penalaran matematis siswa sehingga informasi tersebut dapat mempermudah guru dalam merancang pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kemampuan penalaran matematis siswa sekolah menengah pertama dalam menyelesaikan soal limas dan prisma. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek yang dipilih sebanyak 6 siswa terdiri dari 2 siswa dengan kemampuan akademik tinggi, sedang dan rendah. Data dikumpulkan melalui tes tulis dan wawancara, kemudian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan konsep Miles dan Huberman yang meliputi mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian adalah (1) Subjek dengan kemampuan akademik tinggi tergolong sangat baik dalam semua indikator penalaran matematis yaitu indikator memperkirakan proses penyelesaian, menggunakan pola dan hubungan untuk menganalisis situasi matematika, menyusun argumen yang valid dengan menggunakan langkah yang sistematis dan menarik kesimpulan yang logis. (2) Subjek dengan kemampuan akademik sedang tergolong sangat baik dalam indikator memperkirakan proses penyelesaian, menyusun argumen yang valid dengan menggunakan langkah yang sistematis, dan menarik kesimpulan yang logis serta tergolong cukup dalam indikator menggunakan pola dan hubungan untuk menganalisis situasi matematika. (3) Subjek dengan kemampuan akademik rendah tergolong sangat baik dalam indikator memperkirakan proses penyelesaian, tergolong sangat kurang dalam menyusun argumen yang valid dengan menggunakan langkah yang sistematis dan menarik kesimpulan yang logis serta tergolong cukup dalam indikator menggunakan pola dan hubungan untuk menganalisis situasi matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. M. Duskri, M. Kes. Pembimbing II : Muhammad Yani, S.Pd.I., M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Profil, Kemampuan Penalaran Matematis, Limas dan prisma |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sayarifah Rizqina Fajri |
Date Deposited: | 10 Sep 2020 02:32 |
Last Modified: | 10 Sep 2020 02:32 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13815 |