Pengaruh Model Kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Fluida Statis di Kelas XI SMA Negeri 3 Kuala

Sri Annisa, 150204050 (2020) Pengaruh Model Kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Fluida Statis di Kelas XI SMA Negeri 3 Kuala. Skripsi thesis, UIN Ar-Araniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Model Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis Di Kelas Xi Sma Negeri 3 Kuala]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Model Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis Di Kelas Xi Sma Negeri 3 Kuala)
Sri Annisa, 150204050, FTK, PFS, 082272509659.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Fisika yang kurang bervariasi membuat peserta didik bosan dan kurang bersemangat sehingga peserta didik cenderung kurang memahami konsep. Salah satu solusinya adalah dengan model kooperatif tipe TGT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model kooperatif tipe TGT terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi Fluida Statis di SMA Negeri 3 Kuala. Jenis penelitian digolongkan ke dalam penelitian kuantitatif, metode yang digunakan adalah penelitian Quasi Eksperimental Desain dengan pretest-Posttes Control group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 kuala. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas kontrol sebanyak 22 orang dan kelas eksperimen sebanyak 22 orang. Instrumen penelitian adalah tes dalam bentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis data uji statistik t diperoleh nilai thitung = 3,96 lebih besar dibandingkan nilai ttabel = 1,68. bermakna terdapat pengaruh model kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada materi fluida statis di kelas XI SMA Negeri 3 Kuala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1.Dra. Nurulwati, M.Pd 2.Fera Annisa, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kooperatif tipe TGT, Pemahaman Konsep, Fuida statis
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Sri Annisa Sri Annisa
Date Deposited: 14 Sep 2020 02:42
Last Modified: 14 Sep 2020 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13830

Actions (login required)

View Item
View Item