Penerapan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh (Studi Implementasi Qanun No. 5 Tahun 2016)

Bafrizal Achyard, 160802095 (2020) Penerapan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh (Studi Implementasi Qanun No. 5 Tahun 2016). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yang sesuai dengan Qanun No. 5 Tahun 2016 di  Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh]
Preview
Text (Bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yang sesuai dengan Qanun No. 5 Tahun 2016 di Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Bafrizal Achyard, 160802095, FISIP, IAN, 082266141214.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kawasan Tanpa Rokok (KTR) merupakan kawasan yang dinyatakan sebagai area dilarang merokok, menjual produk tembakau, mempromosikan, serta menciptakan rokok sesuai dengan ketetapan Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Qanun Banda Aceh Nomor 5 Tahun 2016 tentang KTR. Dalam Qanun ini ditetapkan 12 area KTR, dimana lingkungan pendidikan adalah salah satu diantara 12 KTR tersebut. UIN Ar-Raniry sebagai salah satu institusi pendidikan di Kota Banda Aceh termasuk dalam area KTR. Namun sejak berlakunya kebijakan tersebut, berdasarkan observasi peneliti masih banyak ditemukan pelanggaran-pelanggaran ketentuan KTR, baik yang masih dilakukan oleh dosen, tenaga pendidikan dan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran umum tentang penerapan KTR di UIN Ar-Raniry serta faktor-faktor yang penghambat efektifitas penerapan kebijakan KTR tersebut di kampus UIN Ar-Raniry. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Selanjutnya untuk mendapatkan hasil dari penelitian ini, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai indikator yang menjadi landasan dalam penelitian ini, hasil wawancara dilihat dari segi komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan KTR di UIN Ar-Raniry secara komunikasi masih belum akurat dan jelas secara legalitas karena belum ada aturan yang spesifik, kemudian tidak adanya dukungan sumberdaya yang jelas dalam penerapan larangan merokok, selanjutnya disposisi sebagian besar menerapkan KTR pada ruangan tertutup serta tidak pada ruangan terbuka, dan indikator terakhir struktur birokrasi pun tidak dibentuk, hanya kewenangan secara teguran dan tatakrama pada lingkungan kampus mengenai KTR. Peneliti menyimpulkan penerapan KTR pada UIN Ar-Raniry masih sangat minim secara formal, serta tidak adanya hukum sanksi yang mengikat, sehingga kebijakan Qanun nomor 5 tahun 2016 pada UIN Ar-Raniry belum berjalan secara menyeluruh.

Kata Kunci: Penerapan KTR, Area Larangan Merokok, Pelanggaran KTR

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. S. Amirul Kamal, M.M., M.Si. 2. Siti Nur Zalikha, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Penerapan KTR, Area Larangan Merokok, Pelanggaran KTR
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Bafrizal Achyard
Date Deposited: 10 Sep 2020 02:19
Last Modified: 10 Sep 2020 02:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13855

Actions (login required)

View Item
View Item