Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Peningkatan Pelanggan Di SMKN 1 Pasie Raya Aceh Jaya

Chairi Agusna, 160206054 (2020) Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Peningkatan Pelanggan Di SMKN 1 Pasie Raya Aceh Jaya. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Peningkatan Pelanggan Di SMKN 1 Pasie Raya Aceh Jaya]
Preview
Text (Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Peningkatan Pelanggan Di SMKN 1 Pasie Raya Aceh Jaya)
Chairi Agusna, 160206054, FTK, MPI, 085261415310.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemasaran jasa pendidikan merupakan suatu pogram yang dilakukan oleh berbagai institusi pendidikan (sekolah) dalam upaya untuk meningkatkan pelanggan (peserta didik), di tengah banyaknya persaingan. Pemasaran atau promosi adalah suatu ranah yang tidak dapat dipisahkan dalam dunia pendidikan. Jadi, pihak sekolah harus menentukan strategi pemasaran yang luar biasa untuk mencapai keberhasilan lembaga pendidikan. Topik ini dipandang signifikan karena proses pemasaran jasa pendidikan juga mendukung sekolah dalam berkomunikasi dengan pelanggan dan meyakinkan pelanggan dengan cara menawarkan produk atau jasa yang ada di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan strategi, penerapan, masalah kendala dan pemecahan implementasi pemasaran jasa pendidikan dalam peningkatan pelanggan di SMKN 1 Pasie Raya. Penelitian ilmiah ini menggunakan metode kualitatif dengan megumpulkan data dari kegiatan observasi lapangan, wawancara terhadap sumber yang relavan, dan pengambilan dokumentasi dari tempat penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dan salah satu personel sekolah yaitu waka kesiswaan, serta salah satu peserta didik SMKN 1 Pasie Raya. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pemasaran jasa pendidikan di SMKN 1 Pasie Raya bahwa: (1) menerapkan langkah-langkah strategi pemasaran dengan cara: identifikasi pasar, segmentasi pasar dan positioning, serta diferensiasi produk. (2) dalam penerapan pemasaran jasa pendidikan terlebih dahulu menentukan target dengan cara pemasaran internal (internal marketing) dan pemesaran eksternal (eksternal marketing). (3) Kendala yang dihadapi dalam proses pemasaran adalah tidak ada personel khusus yang mengelola di bidang pemasaran, serta minat masyarakat terhadap sekolah dengan pogram ATPH dengan alasan pertanian sudah tradisi. Peneliti berpandangan kajian ini adalah suatu hal yang harus diterapkan oleh setiap sekolah dalam mendukung keberhasilan pendidikan. Hasil penelitian ini bahwa pemasaran jasa pendidikan di sekolah sangat mempengaruhi dalam upaya meningkatkan pelanggan. Dengan adanya kegiatan pemasaran jasa pendidikan disekolah maka pelanggan akan mengetahui informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan, dan pelanggan akan mengambil keputusan untuk menyekolahkan anaknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Jasa Pendidikan, Pelanggan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 379 Isu kebijakan publik menyangkut pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Chairi Agusna
Date Deposited: 10 Sep 2020 02:37
Last Modified: 10 Sep 2020 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13857

Actions (login required)

View Item
View Item