Responsibility Humas dalam Pemberian Pelayanan di SMK Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar

Siti Farhaniza, 160206037 (2020) Responsibility Humas dalam Pemberian Pelayanan di SMK Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Responsibility Humas dalam Pemberian Pelayanan di SMK Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar]
Preview
Text (Responsibility Humas dalam Pemberian Pelayanan di SMK Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar)
Siti Farhaniza, 160206037, FTK, MPI, 082369285180.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Humas memiliki tanggungjawab dalam menciptakan image building sebuah organisasi termasuk di lembaga pendidikan atau sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran humas dalam pemberian pelayanan, menganalisis kendala humas dalam pemberian pelayanan, dan menemukan strategi humas dalam pemberian pelayanan di SMK Negeri 1 Mesjid Raya. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dan deskriptif. Analisis data menggunakan triangulasi dengan Model Miles dan Hubberman. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ialah kepala sekolah, waka humas, 2 guru, komite sekolah dan 2 peserta didik. Hasil penelitian di SMK Negeri 1 Mesjid Raya menggambarkan bahwa a) humas berperan sebagai back up management humas mencari informasi terkait beasiswa dan merancang rencana serta disosialisasikan kepada guru dan siswa, sebagai communicator dalam membangun komunikasi timbal balik terhadap internal dan eksternal, secara langsung dan tidak langsung, sebagai relationship humas membangun dan membina hubungan kerja sama terhadap internal untuk pencapaian tujuan dan sasaran sekolah, membina hubungan kerja sama terhadap eksternal, sebagai good image maker melibatkan seluruh warga sekolah dalam mempertahankan dan meningkatkan prestasi dan menghasilkan produk yang berkualitas,b) humas mengalami kendala ketika berperan sebagai communicator saat memberikan layanan informasi secara langsung terhadap eksternal dan relationship untuk pembinaan hubungan dengan publik, c) strategi humas dalam memberikan pelayanan ialah saat bertindak sebagai communicator terjalin kerja sama dengan media cetak dan elektronik, melakukan kunjungan langsung dalam memberikan layanan terhadap eksternal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jika humas memiliki rasa tanggungjawab yang besar untuk memberikan pelayanan maka akan menciptakan image building dimata publik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 379 Isu kebijakan publik menyangkut pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Farhaniza
Date Deposited: 10 Sep 2020 02:38
Last Modified: 10 Sep 2020 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13863

Actions (login required)

View Item
View Item