Hubungan Konsep Diri Dengan Kecemasan Pada Wanita Yang Menghadapi Persalinan Pertama Di Kecamatan Pasie Raya Kabupaten Aceh Jaya

Safhira Nurjannah, 150901024 (2020) Hubungan Konsep Diri Dengan Kecemasan Pada Wanita Yang Menghadapi Persalinan Pertama Di Kecamatan Pasie Raya Kabupaten Aceh Jaya. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Hubungan Konsep Diri Dengan Kecemasan Pada Wanita Yang Menghadapi Persalinan Pertama Di Kecamatan Pasie Raya Kabupaten Aceh Jaya)
Safhira Nurjannah, 150901024, FPSI, PSI, 085262560666.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kehamilan bagi ibu primigravida (kehamilan pertama) merupakan pengalaman pertama kali dalam periode kehidupannya. Situasi tersebut dapat menyebabkan perubahan drastis baik pada fisik ibu maupun psikologis. Perubahan dari segi psikologis yaitu munculnya perasaan depresi ataupun kecemasan pasca hamil dan saat menghadapi persalinan. Kecemasan dipengaruhi oleh salah satu faktor yaitu konsep diri. Konsep diri yang positif dapat menurunkan tingkat kecemasan pada ibu primigravida menjelang persalinan. Sebaliknya, konsep diri yang terganggu akan menimbulkan ketidak mampuan individu berpikir secara realitas sehingga akan meningkatkan kecemasan, sehingga sampailah pada kesimpulan bahwa konsep diri memiliki peran penting dalam mengendalikan kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan kecemasan pada wanita yang menghadapi persalinan pertama di Kecamatan Pasie Raya Kabupaten Aceh Jaya. Subjek dalam penelitian ini adalah ibu primagvida, dengan usia kehamilan memasuki trimester III sebanyak 60 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala konsep diri dan skala kecemasan, dengan pendekatan kuantitatif, dan analisis data menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi r=-0,460 dengan p=0,000 (p<0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara konsep diri dan kecemasan pada wanita yang menghadapi persalinan pertama di Kecamatan Pasie Raya Kabupaten Aceh Jaya. Penelitian ini diharapakan dapat berkontribusi dibidang psikologi klinis serta dapat memberi masukan yang positif kepada ibu primigravida, tentang bagaimana menurunkan tingkat kecemasan dengan membentuk konsep diri yang positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Safhira Nurjannah
Date Deposited: 10 Sep 2020 02:23
Last Modified: 10 Sep 2020 02:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13866

Actions (login required)

View Item View Item
TOP