Strategi Politik Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Pada Pemilihan Anggota DPRK Kabupaten Bener Meriah Tahun 2019

Teguh Ranggayoni, 160801021 (2020) Strategi Politik Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Pada Pemilihan Anggota DPRK Kabupaten Bener Meriah Tahun 2019. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi Politik Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Pada Pemilihan Anggota DPRK Kabupaten Bener Meriah Tahun 2019]
Preview
Text (Strategi Politik Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Pada Pemilihan Anggota DPRK Kabupaten Bener Meriah Tahun 2019)
Teguh Ranggayoni, 160801021, FISIP, IP, 081263950405.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keterlibatan partai PKB dalam pemilihan anggota DPRK Kabupaten Bener Meriah tahun 2019, telah membawa perobahan besar bagi partai PKB terhadap perpolitikan di kabupaten tersebut. Artinya beberapa Pileg sebelumnya pada tahun 2004-2014 PKB tidak pernah memperoleh satu kursipun di DPRK. Namun, pada Pileg 2019 PKB berhasil memperoleh 5 kursi sekaligus di DPRK. Hal ini tidak terlepas dari peranan timsesnya yang salah satunya ialah Plt. Kabupaten Bener Meriah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini ialah (1) Bagaimana strategi pemenangan/perolehan suara partai kebangkitan bangsa dalam pemilihan anggota DPRK kabupaten Bener Meriah Tahun 2019, (2) Bagaimana peran PLT Bupati Bener Meriah terhadap perolehan suara partai kebangkitan bangsa ? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya penelitian deskriptif. Informan penelitian ini terdiri pengurus partai PKB, Caleng dari PKB, LPP, masyarakat . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Strategi pemenangan suara Partai Kebangkitan Bangsa dalam pemilihan anggota DPRK Kabupaten Bener Meriah Tahun 2019 dilakukan dengan membangun jaringan ditingkat DPRT, DPAC dan DPC, memanfaatkan mimbar dakwah dalam penyampaian pesan politik, mengadakan kampanye secara tertutup, menjalin kerja sama dengan tokoh masyarakat dan pemuka agama, strategi dan kriteria rekrutmen caleg, strategi caleg dan perolehan hasil suara lewat perhitungan cepat quick count, (2) Peran Bupati Bener Meriah dalam pemenangan anggota DPRK Partai Kebangkitan Bangsa sangatlah besar. Hal ini dikarenakan kemampuannya untuk menarik simpatisan baik kalangan santri, para petani, kader politik, untuk melilih PKB maupun kader-kadernya dan juga hubungan patron-klien. Hal ini dilakukan dengan mengadakan blusukan ke masyarakat dengan membawa visi dan misi partai dan ideologi partai ke masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Muhammad Thalal, LC. M. Si., M. Ed Pembimbing II : Ramzi Murziqin, MA
Uncontrolled Keywords: Strategi pemenangan, Partai Kebangkitan Bangsa, Pemilu 2019, Bener Meriah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Teguh Ranggayoni
Date Deposited: 09 Sep 2020 07:47
Last Modified: 09 Sep 2020 07:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13884

Actions (login required)

View Item
View Item