Penerapan Model Mind Mapping Dengan Menggunakan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V MIN Aceh Besar

Alen Putri Sonita, 160209056 (2020) Penerapan Model Mind Mapping Dengan Menggunakan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V MIN Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Mind Mapping Dengan Menggunakan Media Gambar]
Preview
Text (Penerapan Model Mind Mapping Dengan Menggunakan Media Gambar)
Alen Putri Sonita, 160209056, FTK, PGMI, 082248695683.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi sebelumnya yang dilakukan disekolah MIN 3 Aceh Besar tepatnya dikelas V diketahui bahwa dalam pembelajaran guru sudah menggunakan media gambar sebagai alat bantu untuk mengajar, guru juga sudah menerapkan metode pembelajaran. Namun, hal tersebut masih kurang dalam meningkatkan kreativitas siswa. Pada saat proses pembelajaran guru juga sudah menerapkan beberapa model pembelajaran tetapi belum pernah menerapkan model pembelajaran mind mapping. Siswa juga masih kurang dalam mengemukakan pendapatnya sehingga siswa cenderung lebih banyak diamnya sehingga tingkat kekreativitasnya dalam belajar masih sangat kurang serta membuat hasil pembelajarannya tidak sesuai dengan apa yag diingikan. Yang merupakan rumusan dalam penelitian ini yaitu 1. Bagaimana aktivitas guru dalam penerapan model pembelajaran Mind Mapping dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran IPS di kelas V MIN 3 Aceh Besar 2. Bagaimana aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran Mind Mapping dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran IPS di kelas V MIN 3 Aceh Besar 3. Bagaimana kreativitas siswa dalam penerapan model pembelajaran Mind Mapping dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran IPS di kelas V MIN 3 Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK, yang menjadi subjek dari penelitian ini yaitu siswa di kelas V MIN 3 Aceh Besar berjumlah 41 siswa. Adapun cara mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan rubrik kreativitas siswa, data tersebut akan dihitung memnggunakan rumus. Adapun nilai yang diperoleh memperlihatkan aktivitas guru di siklus I yaitu 71,73% dan meningkat pada siklus II yaitu 96,73% , sedangkan pada aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai
70,65% meningkat pada siklus II 94,56%. Adapun kreativitas siswa pada siklus I
58,53% dan meningkat pada siklus II 85,35%. Berdasarkan permasalahan yang telah dipaparkan maka dapat dikatakan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping mampu meningkatkan kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Wati Oviana, S.Pd.I., M,Pd 2. Mainisa, S.Pd.I.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Mind Mapping, Kreativitas Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alen Putri Sonita
Date Deposited: 10 Sep 2020 04:35
Last Modified: 10 Sep 2020 04:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13898

Actions (login required)

View Item
View Item