Implementasi Pendekatan Saintifik pada Bidang Study Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Jaya Keuluang

M Nasir, 140201064 (2020) Implementasi Pendekatan Saintifik pada Bidang Study Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Jaya Keuluang. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas Tentang Implementasi Pendekatan Saintifik pada Bidang Study PAI)
M. Nasir, 140201064, FTK, PAI, 082363415860.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendekatan Saintifik adalah proses pemebelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik aktif mengkonstruksikan konsep pembelajaran dan hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati (untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah), merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang ditemukan. SMP Negeri 2 Jaya Keuluang merupakan sekolah yang sudah menerapkan kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik. Namun kenyataan pendekatan saintifik pada bidang Stdui pendidikan Agama Islam belum berjalan maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana implementasi pendekatan saintifik pada bidang Studi pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Jaya Keuluang, Apa kendala dan solusi implementasi pendekatan saintifik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendekatan saintifik pada bidang studi pendidikan Agama Islam di SMP Negeri2 Jaya Keuluang, kendala dan solusi implementasi pendekatan saintifik pada bidang studi pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Jaya Keuluang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian data tersebut di analisis melalui deskriptif. Hasil penelitian ditemukan bahwa implementasi pendekatan saintifik pada bidang studi pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Jaya, sudah berjalan efektif, dilihat dari aspek pemebelajaran siswa dengan cara mengamati, merumuskan masalah, mempresentasikan dan menyimpulkan. Adapun kendala yang dialami ketika menerapkan pendekatan saintifk adalah waktu yang singkat dan kurang memadai fasilitas yang dibutuhkan, dan kurangnya terbentuk karakter keberanian oleh siswa. Solusi dari implementasi pendekatan saintifik adalah dukungan pemebelajaran dari guru-guru maupun pihak pengurusan sekolah lainya untuk memenuhi segala fasilitas pembelajaran yang dibutuhkan oleh siswa serta serta membentuk semangat belajar siswa yang lebih baik. Kesimpulan proses pembelajaran di SMP Negeri 2 jaya Keuluang sudah berjalan efektif. walaupun kendala kurangnya fasilitas yang dibituhkan siswa, guru selalu mendukungan perkerbangan belajar siswa supaya menjadi murid yang pandai dan berkembang, dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dra.JuariahUmar, M.Ag 2. Sri Astuti, S.Pd.I,. MA
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik dan Mata Pelajaran PAI
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Nasir Nasir
Date Deposited: 11 Sep 2020 02:53
Last Modified: 11 Sep 2020 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13899

Actions (login required)

View Item View Item
TOP